user online

Thursday, March 1, 2018

Jangan Takut Berbagi




Mari awali bulan ini dengan menjadi pendonor darah. Jadikan Donor darah kebiasaan rutin yang setiap 3 bulan sekali harus dilakukan. Ini menjadi kegiatan yang mengasyikan karena Palang Merah Indonesia Kota Bandung, sangat mengutamakan pelayanan dan kenyamanan.

Pelayanan merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan customer. Apalagi untuk bidang jasa, pelayanan menjadi hal nomor satu yang harus diprioritaskan.

Untuk sebagian orang donor darah menjadi hal yang menakutkan karena terbayang peralatan yang digunakannya. Padahal donor darah mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.
Bagi pemula yang ingin mendonorkan darahnya, berikut adalah langkah-langkah yang biasanya dilakukan di PMI :




Selain itu PMI mempunyai fasilitas yang nyaman dalam mendukung kegiatannya. 
Fasilitas yang ada di PMI kota Bandung Jl. Aceh Bandung :

1. Tempat pendaftaran yang sudah computerize
Langkah pertama pada saat mau donor, kita harus regsitrasi dulu.
Baik untuk pemula atau yang sudah berulang kali melakukan donor. Kita harus mengisi formulir melalui komputer yang sudah disediakan.
Fomulirnya seperti ini :



2. Ruang tunggu untuk antri pemeriksaan Dokter
Ruang ini digunakan oleh calon pendonor untuk menunggu pemeriksaan Dokter, biasanya dipanggil berdasarkan nomor antrian. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya adalah tekanana darah, suhu, berat badan.
Jika dinyatakan sehat artinya kita bisa menuju tahap selanjutnya.
Ini adalah ruang Dokternya :





 3. Ruang tunggu pemeriksaan HB
Ini adalah ruang tunggu diperiksa HB sekaligus ruang tunggu untuk mengantri donor. Bagaimana nyaman kan ?
Setelah dinyatakan sehat oleh Dokter, tahap berikutnya adalah diperiksa HB darah. HB atau Hemoglobin adalah suatu bentuk protein yang terdapat dalam sel darah merah. Ini adalah komponen pigmen yang memiliki kandungan yang kaya akan zat besi. Fungsi utama hemoglobin adalah untuk mengikat oksigen yang kita hirup dan sebagai sarana transportasi ke berbagai bagian tubuh.
Pengukuran HB dilakukan dengan pengambilan kadar hemoglobin darah dengan mengambil sedikit darah pada ujung jari tangan, ga serem ko. Nih seperti ini :




 4. Ruang Tunggu panggilan untuk Donor
Ini ruang untuk menunggu panggilan atau giliran pengambilan darah, setelah cek dokter, cek Hb, maka tinggal nunggu dipanggil lagi. Ruangannya juga nyaman, bersih dan asyik.


 5. Clean Wastafel
Sebelum pengambilan darah dilakukan kita harus bersih, higienis. Biasanya kita wajib cuci tangan dulu, di wastafel yang sudah disediakan. Disini kita harus mencuci tangan terutama yang akan di ambil darahnya, harus bersih dan kering.



 6. Ruang Pengambilan darah
Baru dehh diambil darahnya diruangan ini, ruangan yang berisisi kursi berederet rapih, bersih dan nyaman. Petugas akan menanyakan tangan yang mana yang akan diambil darahnya. Kanan atau kiri, selanjutnya persiapan pengambilan darah, ini persiapannya :

 




Itu tahap persiapan sampai dengan pengambilan, biasanya proses pengambilan tidak memakan waktu lama, tapi tergantung kepada kekentalan darah seseorang. Bisa hanya 5 menit atau mungkin lebih.
7.     
         7. Ruang service setelah donor
Itulah tahap dan ruangan yang digunakan. Nyaman ya, benar-benar service excellent. Setelah selesai kita juga dijamu di ruangan ini, kita diberi sarapan pengganti seperti ini, menu ini biasanya selalu berganti. Selain tempatnya asik, petugasnya juga ramah lho.






 8. Taman bermain anak
Tempat ini disediakan untuk pendonor yang mungkin saja membawa anak. Taman bermain ini dilengkapi fasilitas bermain anak.




Itulah fasilitas yang ada di PMI Kota Bandung. Semua fasilitas sangat nyaman,jadi tidak berasa berada di tempat yang berbau medis.
Jadi jangan takut untuk berbagi meskipun hanya berbagi darah, setetes darah kita sangat berarti buat mereka yang memerlukan.
Setetes darah kita bisa menyelamatkan nyawa sesama di luar sana.
Masih takut untuk berbagi ? saya rasa tidak lagi ya


9 comments:

  1. Infonya menarik, tapi smpi skrg blm berani donor darah. Mba, 1 ampul saat diambil kira2 berapa menit?

    ReplyDelete
  2. Bagus dan bersih sekali tempatnya. Saya belum pernah donor darah, meskipun sebenarnya sangat ingin. Kapan2 saya ke PMI Jakarta deh

    ReplyDelete
  3. Rasanya ingin bisa berbagi dengan sesama dengan menyumbangkan darah kita. Tapi apa daya, berat badan saya gak memenuhi syarat sebagai pendonor...hiks

    ReplyDelete
  4. Itu PMI Jakarta Mba Rina?
    Udah keren bingit ya. Dulu ga sebagus itu, tp pelayanannya lunayan bagus.

    ReplyDelete
  5. Bersih dan rapih yaa tempatnya mba. tapi aku belum pernah bisa untuk donor darah karena tekanan darah yang selalu rendah. padahal ingin sekali bisa untuk donor darah.

    ReplyDelete