user online

Thursday, November 14, 2019

Kumpulan soal

November 14, 2019 2 Comments

1. Berikut ini adalah Tabel perhitungan elastisitas pendapatan berdasarkan pendapatan, jumlah suatu 
komoditas tertentu. 
Income per bln
( I )

Jml per bln
(Q)

EI
Kriteria
1.000.000

4









1.500.000

10









2.500.000

15









2.000.000

12









2.100.000

14









1.800.000

10









1.700.000

8





untuk menghitung tingkat elastisitas pendapatannya, maka berikut ini adalah langkah yang dapat dilakukan :
1. Cari selisih atau perubahan pendapatan,
a. 1.000.000  ke 1.500.000 , naik  500.000
b. 1.500.000  ke 2.500.000, naik  1.000.000
c. 2.500.000  ke 2.000.000 turun  500.000
d. 2.000.000  ke 2.100.000  naik  100.000
e. 2.100.000 ke 1.800.000  turun 300.000
f. 1.800.000  ke 1.700.000  turun 100.000

( jika naik positif, dan turun negatif )

2. cari selisih atau perubahan unit nya
a. 4  ke 10  naik 6
b. 10  ke 15 , naik 5
c. 15 ke 12 , turun 3
d. 12 ke 14 naik 2
e. 14 ke 10 , turun 4
f. 10 ke 8 turun 2

3. Gunakan rumus Elastisitasnya 

 a. 6/500.000  x 1.000.000/4 = 3

b. 5/1.000.000 x 1.500.000/10 = 0.75

c. -3/-500.000 x 2.500.000/15  = 1

d. 2/100.000 x 2.000.000/12 = 3.33

e. -4/-300.000 x 2.100.000/14 = 2

f.  -2/1.800.000 x 1.800.00/ 10 = 36

4. Tentukan kriterianya,

jika > 1 maka mewah
jika < 0 maka inferior

a. mewah
b. normal
c. mewah
d. mewah
e. mewah
f. mewah


2.       Berikut data untuk sebuah toko pizza
Q
Total Biaya
(TC)
Biaya Variabel
(VC)
Biaya Tetap
(FC)
Biaya tetap rata-rata
Biaya variable rata-rata
Biaya total rata-rata
0
$ 300
$ 0
-
-
-
-
1
350
50


a



2
390
90


d
3
420
120
b


4
450
150

c

5
490
190



6
540
240



Jawablah, kolom yang diborder, 

a. TC = FC + VC
    350 = FC + 50
          = 350 - 50
          = 300

jadi biaya tetap/FC = 300

b. Biaya tetap rata- rata
   300/3  = 100

c.  Biaya variabel rata- rata
    150/4 = 37.51

d. Biaya Total Rata - rata
   390/2 =  195


3. Andaikan seorang konsumen mempunyai  Marginal Utility untuk barang X dan barang Y  (MUx dan MUy) 
        seperti  pada tabel di bawah ini; sedangkan pendapatan yang bersangkutan sebesar $10 per hari, Harga 
        barang X  $2 per unit; dan barang Y $1 per unit.

Jumlah unit
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
MUx
14
12
11
10
9
8
6
4
3
1
MUy
13
11
10
8
7
6
3
2
0
-5

        Pertanyaan:
a.       Jelaskan bagaimana konsumen ini seharusnya membelanjakan setiap dollar dari $10 nya untuk membeli setiap unit X dan Y sehingga memaksimalkan utilitas atau kepuasan totalnya.
b.       Jelaskan bahwa kondisi untuk maksimalisasi utilitas akan tercapai jika konsumen membelanjakan seluruh pendapatannya untuk 2 unit barang-X dan 6 unit barang- Y.

JAWAB:

Px
Py
Q
MUx
MUy
Mux/Px
Muy/Py
2
1
1
14
13
7
13
2
1
2
12
11
6
11
2
1
3
11
10
5.5
10
2
1
4
10
8
5
8
2
1
5
9
7
4.5
7
2
1
6
8
6
4
6
2
1
7
6
3
3
3
2
1
8
4
2
2
2
2
1
9
3
0
1.5
0
2
1
10
1
-5
0.5
-5



















Kombinasi barang X dan Y
X
Y
1
4
2
6
7
7
8
8

I = Px.Qx +  Py.Qy
10  = 2.1 + 1.4
10  = 2 + 4
10  = 6


I = Px.Qx +  Py.Qy
10  = 2.2 +1.6
10 = 4 + 6
 10 = 10
Balance

Jadi kepuasan total adalah pada saat membeli barang X = 2 dan barang Y = 6



4. Jika  Diketahui :

Fixed Cost suatu toko sepatu : Rp.500.000,-
Variable cost    Rp.10.000 / unit
Harga jual   Rp. 20.000 / unit
Hitung break even point nya dan gambarkan grafiknya

Jawab :

BEP =  FC 
           P -VC
                    

       = 500.000
          20.000  - 10.000

      BEP (Q)  =  50


BEP = FC
         1 - VC/P


   =  500.000
       1 - 10.000/20.000

  = Rp. 1.000.000



Sunday, March 31, 2019

PERAN PEMERINTAH DALAM PEREKONOMIAN

March 31, 2019 326 Comments
Dalam sebuah ekonomi, kebanyakan keputusan ekonomi dibuat dalam pasar yang merupakan mekanisme melalui  pembeli dan penjual bertemu melakukan kegiatan tukar menukar dan menentukan harga dan jumlah barang dan jasa. Adam Smith menyatakan bahwa tangan yang tidak kelihatan dari pasar akan menuntun kepada hasil kepentigan diri mereka sendiri. Dan meskipun pasar jauh dari sempurna, pasar telah terbukti sangat efektif untuk menyelesaikan masalah- masalah, bagaimana, apa, dan untuk siapa.

Mekanisme pasara bekerja untuk menentukan apa dan bagaimana :

1. Keputusan pebelian orang-orang mempengaruhi harga
2. harga- harga ini berfungsi sebagai penunjuk untuk besarnya jumlah berbagai barang yang akan dihasilkan.
3. Apabila orang meminta barang dalam jumlah banyak, maka harga akan meningkat dan produsen dapat memperoleh keuntungan dengan memperluas produksi barang tersebut.
4. Dalam persaingan yang sempurna, seorang produsen harus menemukan metode produksi paling murah, dengan menggunakan tenaga kerja, tanah dan faktor produksi lain secara efisien, jika tidak ia akan menderita kerugian dan tersingkirkan dari pasar.


Pada waktu yang sama masalah apa dan bagaimana dan untuk siapa diselesaikan oleh harga :
  • Distribusi penghasilan ditentukan oleh kepemilikan dan harga dari faktor produksi.
  • Orang yang memiliki tanah yang subur atau kemampuan untuk memenngkan persaingan akan memperoleh banyak kemampuan membeli barang konsumsi. 
  • meskipun mekanisme pasar merupakan seuah cara yang menakjubkan untuk memproduksi dan mengalokasikan barang-barang, kadang-kadang kegagalan- kegagalan pasar membawa kepada kekurangan-kekurangan dalam hasil-hasil ekonomi. Pemerintah mungkin masuk untuk memperbaiki kegagalan- kegagalan ini 

Peran-pemerintah dalam sebuah ekonomi modern ialah menjamin efisiensi, memperbaiki distribusi pendapatan yang tidak adil, dan memajukan pertumbukan dan stabilitas ekonomi. 


Pasar tidak dapat mengalokasikan sumberdaya secara efisien jikalau terjadi persaingan tidak sempurna dan eksternalitas. persaingan tidak sempurna menghasilkan harga-harga tingi dan tingkat-tingkat keluaran yang rendah. 
Untuk memberantas keadaan- keadaan ini, pemerintah harus mengatur bisnis atau mengadakan batasan-batasan anti trust yang legal atas perilaku bisnis.

Eksternalitas timbul apabila aktivitas-aktivitas membebankan biaya atau memberikan manfaat yang tidak terbayar di tempat berlangsungnya pasar. Pemerintah harus memutuskan untuk mengatur sampingan ini (seperti yang dilakukan dengan polusi) atau menyediakan barang-barang publik *seperti kesehatan masyarakat).


Pasar tidak selalu menghasilkan suatu distribusi pendapatan yang adil, peran pemerintah untuk supaya bisa mengupayakan pola pendapatan bukan saja pertumbuhannya yang tinggi akan tetapi juga pemerataannya. Pemerintah modern menggunakan pajak untuk meningkatkan pemerataan (misal melalui jejaring pengaman sosial untuk kaum fakir miskin).
Peran pemerintah dapat menggunakan kekuatan-kekuaan fiskal (perpajakan dan belanja) dan kebijakan moneter (kredit dan suku bunga) untuk memajukan pertumbuhan dan produktivitas ekonomi jangka panjang dan mengurangi akses-akses siklus bisnis dari inflasi dan pengangguran.

Bagaimana kebijakan-kebijakan pemerintahan terkait ekonomi sekarang? silahkan anda cari beberapa kebijakannya kemudian anda analisis.







MODEL BISNIS

March 31, 2019 47 Comments
Model Bisnis merupakan gambaran hubungan antara keunggulan dan sumber daya yang dimiliki organisasi perusahaa ditambah dengan aktivitas dalam penciptaan nilai dalam bentuk produk atau jasa yang kemudian dideliver kepada konsumen.      























Business Model Canvas
                                                                                                                                                       
          

3 manfaat utama dari BMC.
FOKUS : Business Model Canvas ini adalah mampu menajamkan fokus dan membuat kejelasan mengenai model bisnis yang diajukan, ketimbang membuat rencana bisnis yang tebalnya berhalaman – halaman.
FLEKSIBEL : BMC sangat bermanfaat karena mudah untuk dimodifikasi dengan tetap memberi pandangan secara menyeluruh terhadap model bisnis

TRANSPARANSI : BMC gunakan untuk mengkomunikasikan visi dan model bisnis kepada tim, dan dengan BMC tim menjadi lebih mudah mengerti apa model bisnis di organisasi.

Blok di dalam BMC
1.Customer segments

  Customer segments atau segmen konsumen yang ditarget merupakan hal terpenting yang harus bisa dijawab dari Business Model Canvas. Kebanyakan model bisnis tidak memberikan hasil yang diharapkan karena customer segment tidak dapat didefinisikan dengan jelas.

Untuk dapat mengisi customer segment dengan jelas, hal berikut ini
perlu diperhatikan:

1. Customer Segment Dimensions (Dimensi Segmen Konsumen)
Perhatikan apakah bisnis Anda menargetkan konsumen single atau multi-sided market? Maksud multi-sided market, misalnya Facebook yang memiliki model bisnis untuk melayani dua pihak advertiser dan user

2. Customer Characteristics (Karakteristik Konsumen)
Setelah memetakan dimensi segmen, maka selanjutnya adalah mendefinisikan karakter segmen di masing – masing dimensi tadi. Sebagai contoh, apabila kita memiliki segmen user, maka user yang karakteristiknya seperti apa? Beberapa pertimbangan untuk karakteristik, misalnya:
Usia dan gender, Passionhabit, hobi, Tingkat penghasilan
Tingkat pendidikan, Target yang ingin dicapai

3. Customer Problems / Needs (Masalah / Kebutuhan Konsumen)

Apa masalah yang dirasakan konsumen yang telah Anda petakan? Apa painyang sedang ingin mereka sembuhkan? Apa target yang sedang ingin mereka kejar? Apa needs yang mereka perlukan untuk mencapai impian – impian mereka?
Satu hal yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi asumsi apa yang dibutuhkan konsumen dengan bertanya langsung kepada mereka. Buat pengamatan lapangan atau wawancara langsung agar Anda semakin dekat dengan konsumen Anda.
Output:

Pada bagian ini Anda akan menghasilkan daftar target
konsumen Anda berdasarkan segmen yang berbeda – beda, plus
penjelasan detil tentang karakteristik masing – masing
konsumen. Jika segmen Anda ada banyak, saya menyarankan
untuk membuat prioritas dalam melayani konsumen. Coba
tanyakan, “seandainya saya hanya bisa melayani 1 konsumen
saja, siapakah yang ingin saya layani?”

2. Value Propositions
Value proposition adalah nilai atau manfaat yang 
ditawarkan kepada pelanggan. Manfaat ini terwujud dalam
bentuk sekumpulan produk atau jasa. Di mata pelanggan,
value proposition ini adalah sebagai solusi atau
jawaban atas apa yang mereka butuhkan, atau pemecahan
dari masalah yang mereka hadapi.

3.Channels 
Channels dalam BMC adalah entitas yang digunakan oleh 
organisasi bisnis untuk membuat value proposition yang 
sudah dibuat itu ‘sampai’ ke konsumen.
bagaimana proses pengiriman barang atau jasa 
tersebut ke konsumen.

4. Customer Relationship
Bagian customer relationship diisi tentang bagaimana
kita berinteraksi kepada konsumen setelah terjadi
transaksi, untuk memastikan konsumen puas
dengan value yang kita tawarkan sepanjang hingga
akhir life cycle nya.
Perusahaan penerbangan, misalnya setelah kita
menggunakan jasa penerbangannya umumnya akan
ditawarkan berbagai email penawaran,
memberikan membership khusus, yang apabila sudah
mencakup beberapa poin akan mendapatkan benefit
tertentu.
Output: penjelasan tentang bagaimana caranya organisasi menjalin hubungan dengan konsumen yang sudah membeli value yang ditawarkan agar tercipta loyalitas atau transaksi kembali.

5. Revenue Stream

revenue streams adalah pendapatan yang diterima
oleh perusahaan atau organisasi yang berasal 
dari value proposition yang ditawarkan. Hal 
paling penting adalah harus terjadi koneksi 
yang clear antara revenue stream yang dihasilkan 
dari value proposition, dan customer
segment mana yang membayar untuk hal tersebut


Output: Daftar dari revenue streams, yang berasal dari value proposition (X)  yang ditawarkan, dengan customer segmen  (Y) sebagai pihak yang bersedia membayar.

6. Key Activity
Output:Daftar dari sumber daya utama yang 
dibutuhkan untuk menunjang key activities agar 
dapat menghasilkan value proposition yang 
diinginkan.

Layaknya sumber daya, sebuah bisnis harus
memiliki aktivitas bisnis. Tanpa adanya
aktivitas, bisnis akan mati.

Beberapa aktivitas kunci yang dimaksud,
memiliki kategori sebagai berikut :
a. Aktivitas produksi : Desain, pembuatan, pegiriman.
b. Aktivitas pemecahan masalah : konsultasi, perawatan dan pemecahan masalah 
c. Aktivitas platform atau jaringan : sistem operasi jaringan, sistem penjualan online.

7.Key Resources

Key resources adalah sumber daya strategis yang 
dibutuhkan untuk menunjang key activities agar bisa 
berjalan lancar untuk menghasilkan value 
propositionsesuai dengan yang diharapkan. Dengan 
terpetakannya key resource, diharapkan sebuah bisnis 
dapat menjadi lebih kompetitif dibandingkan 
pesainya.

8. Key Partnership
Sebuah organisasi bisnis tentunya tidak bisa 
berjalan hanya mengandalkan dirinya sendiri. 
Ketimbang mengembangkan dan menjalankan semuanya 
sendiri, ada baiknya untuk bekerjasama dengan 
mereka yang telah expert di bidangnya masing – 
masing.
Output: Daftar rekanan kunci di luar organisasi 
yang dapat mendongkrak performa key 
activities sehingga dapat menghasilkan value 
proposition dengan lebih kompetitif lagi.

9. Cost Structure
Cost structure adalah daftar biaya yang 
dikeluarkan oleh organisasi bisnis dalam 
rangka menciptakan value proposition kepada 
konsumen. Biasanya, cost structure ini 
ditarik dari key activities. Beberapa 
pertanyaan penting untuk diajukan saat 
memetakan biaya:
Apakah biaya yang dikeluarkan dalam rangka menciptakan value?
Mana jenis biaya yang lebih banyak, fixed cost atau variable cost?
Jika bisnis diskala menjadi lebih besar, apakah peningkatannya linear, eksponensial, atau tetap?
Output: Daftar elemen struktur biaya yang dikeluarkan untuk membiayai key activities dalam menciptakan value proposition.


Silahkan Tuangkan rencana bisnis anda dalam Model Bisnis Canvas secara terstruktur

Tuesday, December 25, 2018

Cara Menampilan Power Point di Blog

December 25, 2018 0 Comments

Sebetulnya ini hanya arsip saja, karena seringkali saya selalu lupa dan kesulitan jika akan menampilkan power point materi kuliah. Jadi artikel ini hanya pengingat saja, dan jika saya perlu saya tinggal buka ini saja. Tetapi walupun begitu, jika ternyata artikel ini bisa membantu para readers, ya Alhamdulillah.

Cara Memasang file Power Point di Blog Dengan Google Slide

Sebelum kita memasukan file ppt ke dalam postingan blog, tentunya kita harus menyiapkan file ppt yang akan kita pasang di blog terlebih dahulu, kemudian kita upload ke google drive dan ambil kode iframeya. Untuk lebih jelasnya ikuti tutorial berikut ini :

1. Yang pertama pastikan readers sudah masuk ke akun gmail , jika belom silahkan masuk dulu
2. Setelah login ke akun gmail, langkah selanjutnya yaitu kita masuk ke google drive yang beralamatkan https://www.google.com/drive/ , kemudian klik tombol " Kunjungi Google Drive "

Cara Memasukan File PowerPoint dan PDF ke Postingan Blog

3. Selanjutnya kita upload file powerpoint tadi ke googledrive, caranya klik tulisan " BARU " yang bewarna merah dan kemudian klik unggah file

4. Pilih file ppt ( powerpoint ) yang akan di unggah , contohnya disini saya akan mengupload file ppt teori produksi.




5. Tunggu Sampai uploadnya selesai 100% ( dapat dilihat di pojok kanan bawah )

6. Setelah proses menggungah sudah selesai, kemudian kita klik link bagikan


7. Nanti akan ada jendela pop up yang mucul untuk pengturan Acces, kita disuruh untuk setting siapa saja yang dapat mengakses file ppt tersebut, kita setting untuk Public on the web ( umum ) aja.

8. Klik kanan file PowerPoint tadi kemudian buka dengan google silde

9. Pada menu File klik sub menu publikasikan di web





10. Setelah itu kita ambil kode iframenya pada menu sematkan ( hampir mirip ketika mengambil script iframe youtube dan memasukanya ke blog ). silahkan tonton gambar berikut supaya lebih jelas.

10. Langkah yang terkahir kita salin dan pastekan kode iframe tadi pada kolom htmlbukan Compose



Sampai disini cara memasang file power point ke postingan blog sudah selesai.