user online

Monday, September 4, 2017

Cara Mengisi Science Technolgy Index (sinta Ristekdikti.go.id)

Sinta merupakan portal yang dikembangkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam rangka pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja dosen dan peneliti, kinerja jurnal, serta kinerja institusi. SINTA memiliki fungsi relasi, sitasi, dan pengindex. SINTA dapat diakses melalui alamat http://sinta.ristekdikti.go.id/

Untuk melakukan pendaftaran ke SINTA, caranya cukup mudah dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 
1. Arahkan browser ke http://sinta1.ristekdikti.go.id/?ref=home akan muncul halaman sebagai berikut: 






2. Masuk ke menu registrasi dengan klik link REGISTRATION yang terletak pada pojok kanan atas. 







3. Selanjutnya akan diminta untuk memilih Lecturer atau Researcher, memasukan Affiliation (Tempat kerja atau hombase dosen) dan nama. 


4. lengkapi semua isian. Untuk mengisi ID Google Scholar, Inasti, IPI, Scopus dosen harus memiliki profile dari indexer-indexer tersebut. Jika telah memiliki ID indexer-indexer tersebut, tinggal mengarahkan kursor pada tanda tanya yang ada di sebelah kanannya. Karena saya hanya memiliki karya ilmiah yang diindex Google Scholar dan IPI maka cukup mengisinya dengan ID indexer tersebut.

5. Bagi yang belum memiliki Profil Google Scholar harus mendaftar dahulu di google scholar. Setelah membuat Profile Google Scholar cara melihat Id nya adalah dengan login ke google scholar, ID Google Scholar berada di antara user= dan &hl. Foto yang muncul di Sinta nantinya diambil dari Foto di Google Scholar jadi jangan lupa memasukan Foto di Profile Google Scholar. 

6. Jika sudah lengkap mengisi kolom-kolom pada New Author Registration di atas maka langkah selanjutnya adalah tinggal menekan tombol Register. 

7. Setelah itu, sistem akan diminta untuk memverifikasi lewat tautan yang dikirim ke email masing-masing. Setelah diverifkasi, maka proses registrasi sudah selesai dan di pojok kanan atas terdapat author satus verified.
Setelah status profile SINTA terverivikasi maka kita dapat melihat publikasi yang terindeks oleh indexer indexer yang terbaca SINTA.  


Untuk membuat Profil google scholar,anda harus memiliki akun gmail. Sekarang ini Google memberlakukan satu akun gmail untuk seluruh layanan google. Cara membuat akun Google Scholar adalah sebagai berikut: 

1. Lakukan login dengan akun gmail 

2. Buka alamat http://scholar.google.com 

3. Klik Kutipan Saya di kanan atas. Jika diinginkan, edit data seperti foto, affiliation (lembaga aviliasi) kemudian klik Make Public agar bisa dilihat oleh orang lain.Hingga tampak seperti berikut.








good luck

















No comments:

Post a Comment