user online

Wednesday, August 30, 2017

Yang Tak Terkalahkan

Yang Tak Terkalahkan
Willian Ernest Henley (1849-1903)

Dari selubung malam legam tak terkirakan,
Yang panjang pekat dari kutub utara ke kutub selatan,
Terimakasih aku sampaikan pada Kehendak Ilahi
Yang menjadikan jiwaku tetap tangguh tidak terperi.
Dalam cengkeraman nasib yang kuat menjepit
Aku tak pernah mengeluh atau menjerit,
Di bawah pukulan bertubi oleh nasib buruk
Kepalaku bersimbah darah, aku tidak menunduk.
Di tempat yang digenangi air mata dan kebencian
Yang muncul hanya bayang-bayang kengerian,
Namun, tahun demi tahun yang penuh ancaman
Tak akan bisa membuatku kalut dan ketakutan.
Betapa sempit pun gerbang yang harus kulalui,
Betapa kejam pun hukuman yang harus kujalani,
Aku adalah penguasa nasibku:
Aku adalah nakhoda jiwaku

*diterjemahkan oleh Supardi Djoko Damono

Puisi itu saya bacakan pada acara wisuda XI Sekolah Tinggi Teknologi Bandung tanggal 10 Desember 2016, di Harris Hotel & Conventions Festival Citilink Bandung.
Suatu Kebanggaan dan kehormatan bisa membacakan puisi tersebut atas permohonan Bapak Prof.Dr.Ing. Wardiman Djojonegoro.
Puisi tersebut  merupakan pembuka dari buku “SEPANJANG JALAN KENANGAN”  Wardiman Djojonegoro, buku yang merupakan catatan sepanjang jalan kenangan, setengah biografi, memoir beliau.


Puisi tersebut dibacakan oleh Nelson Mandela di Penjara Robben, dengan tujuan memberikan kekuatan melalui puisi yang disampaikannya.
                       
                                                                                                                                                                                                                                                       
foto bersama Prf.DR. Wardiman Djojonegoro 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia 1993 -1998
dibawah pemerintahaan Presiden Soeharto Kabinet Pembangunan VI

Dan menggambarkan Kebesaran Jiwa Mandela yang dipenjara selama 27 tahun dari 95 tahun masa hidupnya. 
Puisi ini mewariskan pesan penting bagi manusia yaitu semangat juang buat siapapun dan apapun pekerjaan kita.


by rheena













1 comment:

  1. Semangat itu perlu, dalam hal apapun. Saling memberi semangat adalah tugas kita.
    Yu,, berikan komentar anda di setiap artikel saya.

    ReplyDelete