user online

Monday, August 28, 2017

Trik dan Tips Smart Mom dalam mengahadapi UN anak

Gambar terkait


Hanya sharing pengalaman 1 tahun lalu,yang saya lakukan pada saat anak mau Ujian.

Saya ibu bekerja yang pasti masalahnya sama dengan ibu-ibu yang lain (masalah klasik), yang kadang bingung mana yang harus diprioritaskan. Semua harus berjalan, semua harus selesai. Kala itu anak saya masih kelas 6 Sekolah Dasar, yang dalam waktu dekat akan mengahadapi ujian, baik ujian praktek, ujian sekolah dan ujian nasional. Tentu saja harapan saya sama seperti orang tua -orang tua lain yang ingin anaknya lulus dengan nilai bagus, dan masuk negeri (karena buat saya negeri masih tetap idola).


Mengahadapi kondisi seperti ini tentu saja diperlukan cara praktis supaya tujuan saya tercapai.
Dan ini yang saya lakukan :

  • Menemani anak setiap belajar, mau ada pekerjaan rumah ataupun tidak ada
Meskipun cape, ngantuk, saya selalu menyempatkan untuk menemani anak belajar. Karena jika dilepas, meskipun alasannya sudah belajar tetep tidak ada yang nempel, berbeda jika kita ada disampingnya. InsyaAllah apa yang kita ajarkan pasti nempel dan diingat.
  • Mendownload soal-soal ujian beberapa tahun ke belakang
Meskipun anak sudah ikut bimbingan belajar, les tapi tetep kita sebagai orang tua harus mencari soal-soal sebagai pembanding yang bisa dikerjakan oleh anak, dan biasanya urutan soal itu sudah ada polanya, misalnya kalo nomor 1 itu tentang FPB soal ujian yang akan keluar juga begitu, jadi akhirnya anak hafal.
  • Membuat target untuk anak dalam mengerjaan soal- soal yang di download
Setiap hari anak wajib menyelesaikan 1 paket soal ujian, misalnya hari ini matematika, besok IPA, dst
Setelah dikerjakan diperiksa bersama - sama, jadi ketahuan dimana letak kesalahannya.


Sebetulnya trik itu sangat sederhana, tapi karena dilakukan berulang-ulang, jadinya anak terbiasa dengan pola soal. Dan anak sudah mengetahui kalau polanya begini pasti cara menyelesaikan atau rumusnya begini.Selain anak jadi bisa, manfaat buat emaknya juga ada,jadi belajar lagi, jadi inget lagi materi-materi dulu, dan akhirnya  pun bisa.

Dan Alhamdulillah hasilnya anak lulus sesuai harapan, nilainya bagus dan diterima di sekolah negeri favorit.


semoga bermanfaat

by rheena







2 comments: