user online

Thursday, January 11, 2018

Pentingnya Kepuasan Pelanggan



Pentingnya Kepuasan Pelanggan 

Tujuan setiap jenis usaha adalah mencari laba, untuk memperlolehnya tentu saja harus diimbangi dengan pelayanan yang memuaskan. Pelanggan adalah pembeli yang membeli suatu produk atau jasa berulang-ulang. Karena diharapkan membeli  berulang – ulang  tentu saja pelaku usaha harus memperhatikan kualitas pelayanan.

kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berpengaruh dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan (Tjiptono, 2001). Sehingga definisi kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan konsumen (Tjiptono, 2007).

Semua usaha yang berhubungan dengan pelanggan harus berkomitmen selalu Meningkatkan pelayanan untuk kenyamanan dan kemudahan para pelanggan.
Kepuasan yang dirasakan pelanggan biasanya akan membuat hubungan antara perusahaan dan pelanggannya menjadi harmonis sehingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang. Selain itu kepuasan pelanggan memungkinkan terbentuknya rekomendasi dari mulut ke mulut (mouth to mouth) sehingga reputasi perusahaan akan baik dimata pelanggan.

Upaya untuk mewujudkan kepuasan pelanggan bukan hal yang mudah, Coftam (1993) menyatakan bahwa kepuasan konsumen tidak mungkin tercapai sekalipun hanya untuk sementara waktu, perlu upaya perbaikan dan penyempurnaan. Disamping memerlukan biaya yang tinggi untuk menarik pelanggan. Karena bukan hal yang mudah untuk merubah dan mengalihkan pelanggan dari produsen lain agar beralih kepada kita. strategi kepuasan pelanggan akan menyebabkan pesaing harus kerja keras dalam menarik pelanggan. Bukan saja sumberdaya manusia nya yang harus kompeten tetapi, Kepuasan pelanggan akan tercapai jika dipenuhi nya hal-hal berikut :

1.  Kualitas produknya bagus
Kualitas produk yang dimaksud adalah keadaan barang atau produk dan jasa sesuai dengan yang konsumen harapkan. Artinya Apa di harapkan tentang suatu produk ada pada produk yang kita miliki, berikan kualitas produk yang sebaik-baiknya karena pelanggan akan kecewa jika produk yang mereka beli tidak sesuai. Bahkan konsumen mungkin akan memberitahukan kepada teman tentang produk tersebut sehingga akan berpengaruh terhadap pembelian berikutnya.

2. Harganya terjangkau
Pelanggan akan membandingkan harga kita dengan harga yang lain, sehingga pelanggan bebas menentukan pilihan mereka. Berikan harga yang sesuai dengan harga pasar.

3. Pelayanan menyenangkan
    Hindari kebingungan pelanggan mengenai pelayanan, baik pelayanan langsung  ataupun tidak langsung, gunakan sistem yang tepat dan mudah dimengerti oleh  pelanggan, berikan pelayanan prima,ramah dan tepat waktu.
     
     4. Jaminan keamanan.
Pelanggan biasanya ingin kejelasan mengenai produk yang dibeli, apalagi produk tersebut berkaitan dengan kesehatan. Berikan jaminan keamanan mengenai produk anda, misalnya dengan mencatumkam Halal atau BPPOM. Ini akan memberikan ketenangan bagi pelanggan yang membeli, sehingga diharapkan adanya repeat order.

keempat elemen tersebut dalam pemasaran produk disebut dengan bauran pamasaran. Elemen-elemen tersebut saling berkaitan sehingga bisa bersinergi menciptakan kepuasan pelanggan. Meskipun masih ada elemen-elemen lain terkait dengan produk.
Untuk mencapai kepuasan pelanggan memang perlu dilakukan inovasi-inovasi dengan menggunakan strategi yang tepat.

Dalam menentukan strategi pemasaran perlu diperhatikan banyak hal, apalagi berkaitan dengan pelanggan. Kepuasan pelanggan itu merupakan rasa, respon atau tanggapan pelanggan terhadap produk kita sehingga dengan terciptanya kepuasan pelanggan maka akan berdampak pada omzet, dan loyalitas pelanggan.

Keberhasilan strategi pemasaran dapat dicapai jika kepuasan pelanggan telah dipenuhi.
Tingkat kepuasan pelanggan masing - masing memang berbeda meskipun mereka memerlukan produk yang sama. Jangan sampai pelanggan merasa tidak puas, bukan hanya pelanggan tidak akan melakukan repeat order tetapi yang lebih bahaya adalah jika pelanggan bercerita tentang pengalamannya kepada masyarakat, sehingga pelanggan yang lain akan pergi dan calon pelanggan pun tidak ada.

Strategi yang dapat dilakukan  untuk meningkatkan kepuasan pelanggan diantaranya:

     1. Relationship Marketing
Dalam strategi ini hubungan transaksi antara penyedia jasa dan konsumen berkelanjutan tidak berakhir setelah penjualan selesai, dengan kata lain dijalin suatu kemitraan jangka panjang secara terus menerus sehingga diharapkan dapat terjadi bisnis ulangan.

     2. strategi superior customer service.
Perusahaan yang menerapkan strategi ini berusaha menawarkan pelayanan yang lebih unggul dari para pesaingnya, untuk mewujudkannya dibutuhkan dana yang besar, kemampuan sumber daya manusia dan usaha yang gigih.

Kepuasan pelanggan bisa diketahui atau diukur, selaku produsen  cara untuk mengetahui tingkat kepuasan ini adalah dengan cara sebagai berikut :
1
     1. Mengidentifikasi masalah dengan cara mengumpulkan informasi dari konsumen. Cara yang biasa dilakukan adalah melalui kotak saran. Informasi yang terkumpul ini tentu saja merupakan masukan masukan bagi perusahaan. Sehingga perusahaan bisa meningkatkan kekurangan agar kepuasan pelanggan tercapai.

      2. Melakukan survei terhadap kepuasan pelanggan melalui kuesioner atau angket telepon atau cara  ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada pelanggan.

   Perusahaan sebaiknya menghubungi para pelanggan yang telah berhenti membeli atau yang telah pindah pemasok agar dapat memahami mengapa hal itu terjadi dan supaya dapat mengambil kebijakan perbaikan atau penyempurnaan selanjutnya. Bukan hanya saja yang perlu, tetapi pemantauan juga penting, di mana peningkatan menunjukkan kegagalan perusahaan dalam memuaskan pelanggan nya.

Aset penting dalam sebuah bisnis adalah pelanggan, baik dalam usaha produk atau jasa pelanggan adalah teman anda. Sehingga nilai lebih  yang kita berikan merupakan kepercayaan untuk mereka.


Perkuat kepercayaan pelanggan dengan memberikan pelayanan dan  produk yang baik karena ini merupakan cara yang efektif untuk menumbuhkan pembelian ulang bagi para pelanggan. Jangan buat kecewa pelanggan. Untuk  mencapai tujuan bisnis anda, ciptakanlah kepuasan pelanggan agar hubungan menjadi harmonis dan tujuan bisnis anda tercapai.

12 comments:

  1. Silahkan tinggalkan komentar anda, terimakasih

    ReplyDelete
  2. Servqual dari parasuraman juga bisa kita jadikan rujukan untuk kepuasan pelanggan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sebenarnya banyak referensi yg bisa digunakan.

      Delete
  3. Betul 100% pelanggan ibarat raja , harus dilayani

    ReplyDelete
  4. setuju aset perusahaan adalah pelanggan. dulu istilahnya 'pelanggan adalah raja', jadi kita selalu mengutamakan kepuasan pelanggan.

    ReplyDelete
  5. Jika sekali saja pelanggan kecewa, bukan dia saja yang tidak percaya lagi pada produk/jasa kita. Bisa juga orang yang telah mengetahui kekecewaannya ikut membatalkan pembelian/pelayanan. Apalagi di era sosial media ini, dimana semua bisa diviralkan, tentu kepuasan pelanggan menjadi lebih diperhatikan:)

    ReplyDelete
  6. Kepuasan palanggan adalah kunci perusahaan tetap berdiri tegak ya mbak. Karena kalau pelanggan puas tanpa diminta pun pastinya menceritakan pengalamannya kepada orang - orang

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya, pelanggan adalah ujung tombak dlm marketing. Sekalinya mereka puas, sudah nggak susah lagi buat promosinya. Dijamin mereka akan promosi tanpa diminta

    ReplyDelete
  8. Saya bekerja pd posisi sbg front liner & pelanggan adala raja, krn gaji kita berasal dr mereka. Layani mereka sebaik yg kita bisa

    ReplyDelete
  9. Jadi inget waktu belajar pemasaran saat kuliah, salah satu faktornya adalah kepuasan pelanggan.

    ReplyDelete
  10. Nice sharing bu Rina. Saya sering kehilangan pelanggan karena kurang ilmu. Hehe

    ReplyDelete
  11. Banya orang yang kalau di beli tapi yang murah mukanya langsung ngak enak, siap siap tokonya sepi.






    YUKKK MBAK MBAK YANG PENGEN TETAP SEHAT ORGAN KEWANITANYA, SEGERA KLIK LING DI BAWAH INI SEKARANG.!!



    Harga Crystal X Asli

    ReplyDelete