Tujuan setiap jenis usaha adalah mencari laba, untuk memperlolehnya tentu saja harus diimbangi dengan pelayanan yang memuaskan. Pelanggan adalah pembeli
yang membeli suatu produk atau jasa berulang-ulang. Karena diharapkan
membeli berulang – ulang tentu saja pelaku usaha harus memperhatikan
kualitas pelayanan.
kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berpengaruh dengan produk,
jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan
(Tjiptono, 2001). Sehingga definisi kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai
upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya
dalam mengimbangi harapan konsumen (Tjiptono, 2007).
Semua usaha yang berhubungan dengan pelanggan
harus berkomitmen selalu Meningkatkan pelayanan untuk kenyamanan dan kemudahan
para pelanggan.
Kepuasan yang dirasakan pelanggan biasanya
akan membuat hubungan antara perusahaan dan pelanggannya menjadi harmonis
sehingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang. Selain itu
kepuasan pelanggan memungkinkan terbentuknya rekomendasi dari mulut ke mulut (mouth to mouth) sehingga reputasi
perusahaan akan baik dimata pelanggan.
Upaya untuk mewujudkan kepuasan pelanggan
bukan hal yang mudah, Coftam (1993) menyatakan bahwa kepuasan konsumen tidak
mungkin tercapai sekalipun hanya untuk sementara waktu, perlu upaya perbaikan
dan penyempurnaan. Disamping memerlukan biaya yang tinggi untuk menarik
pelanggan. Karena bukan hal yang mudah untuk merubah dan mengalihkan pelanggan
dari produsen lain agar beralih kepada kita. strategi kepuasan pelanggan akan
menyebabkan pesaing harus kerja keras dalam menarik pelanggan. Bukan saja
sumberdaya manusia nya yang harus kompeten tetapi, Kepuasan pelanggan akan
tercapai jika dipenuhi nya hal-hal berikut :
1. Kualitas produknya bagus
Kualitas produk
yang dimaksud adalah keadaan barang atau produk dan jasa sesuai dengan yang
konsumen harapkan. Artinya Apa di harapkan tentang suatu produk ada pada produk
yang kita miliki, berikan kualitas produk yang sebaik-baiknya karena pelanggan
akan kecewa jika produk yang mereka beli tidak sesuai. Bahkan konsumen mungkin
akan memberitahukan kepada teman tentang produk tersebut sehingga akan
berpengaruh terhadap pembelian berikutnya.
2. Harganya terjangkau
Pelanggan akan membandingkan
harga kita dengan harga yang lain, sehingga pelanggan bebas menentukan pilihan
mereka. Berikan harga yang sesuai dengan harga pasar.
3. Pelayanan menyenangkan
Hindari
kebingungan pelanggan mengenai pelayanan, baik pelayanan langsung ataupun tidak
langsung, gunakan sistem yang tepat dan mudah dimengerti oleh pelanggan,
berikan pelayanan prima,ramah dan tepat waktu.
4. Jaminan keamanan.
4. Jaminan keamanan.
Pelanggan biasanya
ingin kejelasan mengenai produk yang dibeli, apalagi produk tersebut berkaitan
dengan kesehatan. Berikan jaminan keamanan mengenai produk anda, misalnya
dengan mencatumkam Halal atau BPPOM. Ini akan memberikan ketenangan bagi pelanggan
yang membeli, sehingga diharapkan adanya repeat
order.
keempat elemen tersebut dalam pemasaran produk
disebut dengan bauran pamasaran. Elemen-elemen tersebut saling berkaitan
sehingga bisa bersinergi menciptakan kepuasan pelanggan. Meskipun masih ada
elemen-elemen lain terkait dengan produk.
Untuk mencapai kepuasan pelanggan memang perlu
dilakukan inovasi-inovasi dengan menggunakan strategi yang tepat.
Dalam menentukan strategi pemasaran perlu
diperhatikan banyak hal, apalagi berkaitan dengan pelanggan. Kepuasan pelanggan
itu merupakan rasa, respon atau tanggapan pelanggan terhadap produk kita sehingga
dengan terciptanya kepuasan pelanggan maka akan berdampak pada omzet, dan loyalitas
pelanggan.
Keberhasilan strategi pemasaran dapat dicapai
jika kepuasan pelanggan telah dipenuhi.
Tingkat kepuasan pelanggan masing - masing memang
berbeda meskipun mereka memerlukan produk yang sama. Jangan sampai pelanggan
merasa tidak puas, bukan hanya pelanggan tidak akan melakukan repeat order tetapi yang lebih bahaya
adalah jika pelanggan bercerita tentang pengalamannya kepada masyarakat, sehingga
pelanggan yang lain akan pergi dan calon pelanggan pun tidak ada.
Strategi
yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
kepuasan pelanggan diantaranya:
1. Relationship
Marketing
Dalam strategi ini hubungan
transaksi antara penyedia jasa dan konsumen berkelanjutan tidak berakhir
setelah penjualan selesai, dengan kata lain dijalin suatu kemitraan jangka
panjang secara terus menerus sehingga diharapkan dapat terjadi bisnis ulangan.
2. strategi superior customer service.
Perusahaan yang
menerapkan strategi ini berusaha menawarkan pelayanan yang lebih unggul dari
para pesaingnya, untuk mewujudkannya dibutuhkan dana yang besar, kemampuan
sumber daya manusia dan usaha yang gigih.
Kepuasan pelanggan bisa diketahui atau diukur, selaku produsen cara untuk mengetahui tingkat kepuasan ini adalah dengan cara sebagai berikut :
1
1. Mengidentifikasi masalah dengan cara mengumpulkan informasi dari konsumen. Cara yang biasa dilakukan adalah melalui kotak saran. Informasi yang terkumpul ini tentu saja merupakan masukan masukan bagi perusahaan. Sehingga perusahaan bisa meningkatkan kekurangan agar kepuasan pelanggan tercapai.
1. Mengidentifikasi masalah dengan cara mengumpulkan informasi dari konsumen. Cara yang biasa dilakukan adalah melalui kotak saran. Informasi yang terkumpul ini tentu saja merupakan masukan masukan bagi perusahaan. Sehingga perusahaan bisa meningkatkan kekurangan agar kepuasan pelanggan tercapai.
2. Melakukan survei terhadap
kepuasan pelanggan melalui kuesioner atau angket telepon atau cara ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada
pelanggan.
Perusahaan sebaiknya menghubungi para pelanggan yang
telah berhenti membeli atau yang telah pindah pemasok agar dapat memahami
mengapa hal itu terjadi dan supaya dapat mengambil kebijakan perbaikan atau penyempurnaan
selanjutnya. Bukan hanya saja yang perlu, tetapi pemantauan juga penting, di
mana peningkatan menunjukkan kegagalan perusahaan dalam memuaskan pelanggan nya.
Aset penting dalam sebuah bisnis adalah
pelanggan, baik dalam usaha produk atau jasa pelanggan adalah teman anda.
Sehingga nilai lebih yang kita berikan
merupakan kepercayaan untuk mereka.
Perkuat kepercayaan pelanggan dengan
memberikan pelayanan dan produk yang baik
karena ini merupakan cara yang efektif untuk menumbuhkan pembelian ulang bagi
para pelanggan. Jangan buat kecewa pelanggan. Untuk mencapai tujuan bisnis anda, ciptakanlah kepuasan
pelanggan agar hubungan menjadi harmonis dan tujuan bisnis anda tercapai.
Silahkan tinggalkan komentar anda, terimakasih
ReplyDeleteServqual dari parasuraman juga bisa kita jadikan rujukan untuk kepuasan pelanggan
ReplyDeleteBetul, sebenarnya banyak referensi yg bisa digunakan.
DeleteBetul 100% pelanggan ibarat raja , harus dilayani
ReplyDeletesetuju aset perusahaan adalah pelanggan. dulu istilahnya 'pelanggan adalah raja', jadi kita selalu mengutamakan kepuasan pelanggan.
ReplyDeleteJika sekali saja pelanggan kecewa, bukan dia saja yang tidak percaya lagi pada produk/jasa kita. Bisa juga orang yang telah mengetahui kekecewaannya ikut membatalkan pembelian/pelayanan. Apalagi di era sosial media ini, dimana semua bisa diviralkan, tentu kepuasan pelanggan menjadi lebih diperhatikan:)
ReplyDeleteKepuasan palanggan adalah kunci perusahaan tetap berdiri tegak ya mbak. Karena kalau pelanggan puas tanpa diminta pun pastinya menceritakan pengalamannya kepada orang - orang
ReplyDeleteSebenarnya, pelanggan adalah ujung tombak dlm marketing. Sekalinya mereka puas, sudah nggak susah lagi buat promosinya. Dijamin mereka akan promosi tanpa diminta
ReplyDeleteSaya bekerja pd posisi sbg front liner & pelanggan adala raja, krn gaji kita berasal dr mereka. Layani mereka sebaik yg kita bisa
ReplyDeleteJadi inget waktu belajar pemasaran saat kuliah, salah satu faktornya adalah kepuasan pelanggan.
ReplyDeleteNice sharing bu Rina. Saya sering kehilangan pelanggan karena kurang ilmu. Hehe
ReplyDeleteBanya orang yang kalau di beli tapi yang murah mukanya langsung ngak enak, siap siap tokonya sepi.
ReplyDeleteYUKKK MBAK MBAK YANG PENGEN TETAP SEHAT ORGAN KEWANITANYA, SEGERA KLIK LING DI BAWAH INI SEKARANG.!!
Harga Crystal X Asli