user online

Friday, May 11, 2018

Lakukan ini untuk Mengetahui Hoax atau bukan




Kemajuan informasi seringkali dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Bentuk yang sering dijumpai adalah adanya berita-berita yang belum pasti kebenarannya, tetapi membuat pembaca atau penerima pesannya panik.  Respon dari penerima pesanpun biasanya cepat, mereka langsung mengirimkan kembali pesan yang diterima kepada teman-temannya atau bahkan dia sebar melalui media social lain. Inilah yang disebut Hoax, berita yang belum pasti kebenarannya.
Sebagai pengguna media informasi ada bagusnya jika sebelum menyebar ulang pesan yang diterima di cek kembali, untuk memastikan bahwa berita tersebut benar adanya.
Berikut tips bagaimana cara menghadapi Hoax ;
      1.  Baca
Sebaiknya cermati pesan yang diterima, jangan langsung merespon. Baca berulang-ulang supaya jelas maksudnya. Baca dengan teliti jangan diambil cepatnya saja, kemudian disimpulkan.

      2. Tanyakan
Untuk memastikan pesan atau berita yang diterima, tanyakan kepada pengirimnya, apakah berita tersebut benar, dari mana sumbernya. Agar tidak jadi simpangsiur dan kalaupun kita mencoba mengirimkan kembali kepada teman itu sudah jelas.

3.  Cek
Kita juga perlu cek kembali, jangan percaya kepada si pengirim. Mengecek adalah cara untuk memastikan kembali. Jika memang sudah diketahui kebenarannya boleh lah percaya.

3. Pastikan
Ada baiknya jika sudah dilakukan tahap-tahap diatas, kita pastikan kembali. Jangan hanya benar menurut satu sumber saja, tetapi alangkan baiknya memastikan kepada pihak-pihak terkait.

Semoga tips ini bisa membantu kita, supaya tidak termakan Hoax, apalagi Hoax sekarang lebih mudah tersebar.

No comments:

Post a Comment