user online

Wednesday, October 10, 2018

Sehat Caraku -AksiSehatCeria




Menjalani hidup sehat untuk sebagian orang sangatlah sulit. Apalagi di zaman yang serba instant dan mudah. Pola hidup tak jarang menjadikan seseorang terkena penyakit. Jika diamati orang-orang sekarang tidak mau susah, semua ingin mudah dan cepat. Misalnya saja keperluan makan, banyak orang-orang yang ketergantungan terhadap junk food, dengan alasan mudah dan cepat, tidak perlu repot. Ya jika dilakukan hanya sesekali saja mungkin tidak masalah, tetapi apa yang terjadi jika setiap hari harus begitu.
Baca DokterSehat (backlink: http://bit.ly/2xCxrjL)

Contoh lain adalah jalan kaki, memang sehat itu tidak karena kita rajin jalan kaki. Tetapi jalan kaki merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan sebagai olah raga ringan, mudah dan murah. Hanya saja masyarakat sekarang sudah enggan melakukannya. Dari keluar pintu rumah masuk kendaraan, sampai tempat tujuan. Hampir tidak ada kegiatan jalan seperti orang- orang zaman dulu. Ya memang zaman sudah berubah.

Meskipun begitu, lain halnya yang biasa aku lakukan. Sebagai pekerja yang hampir 8 jam sehari duduk. Akupun kadang merasakan sesuatu yang tidak baik untuk kesehatan. Sehingga aku selalu menyempatkan untuk melakukan olah raga setiap minggu.

Olah raga yang aku lakukan adalah aerobic plus body language. Dalam seminggu hanya satu jam, tetapi betul-betul aku lakukan sepenuh hati. Setiap gerakan demi gerakan aku ikuti sesempurna mungkin. Karena aku yakin gerakan yang diberikan oleh instruktur pasti ada tujuan dan manfaatnya.

Dengan olah raga ini yang aku rasakan adalah bugar, padahal biasanya paling sulit mengeluarkan keringat. Tapi dengan olah raga ini, semua keringat mengucur deras seolah membersihkan pori-pori ku.

Olah raga ini sudah aku jalani 5 selama kurang lebih lima tahun, dan akupun merasakan dampaknya.

Jadi Menurutku untuk sehat banyak yang bisa dilakukan dan murah. 

Berikut tips sederhana bagaimana sehat yang murah yang biasa aku lakukan :

1    1. Pola makan sehat

Makan, siapapun pasti harus makan, hanya saja seberapa banyak porsinya dan apa yang kita makan. Setiap orang pasti berbeda, ada yang nasinya banyak lauknya banyak, nasinya banyak lauknya sedikit, atau mungkin nasi sedikit lauknya pun sedikit.
Ini yang wajib kita tahu, pola makan seperti apa yang sehat. Aku pun tidak begitu mendalami ilmu ini, tetapi yang biasa aku lakukan adalah pola yang ke 3 nasinya sedikit lauknya sedang saja. Karena menurutku yang menyebabkna seseorang gemuk itu bukan karena banyaknya jumlah makanan yang masuk. Tetapi  waktu yang rutinlah yang membuat gemuk.

Untuk sebagian orang mungkin tidak setuju, karena cara penerimaan tubuh memang berbeda. Tetapi yang aku alami biasanya bukan karena jumlahnya yang banyak yang membuatku cepat gemuk, tetapi waktu yang rutinn lah yang membuatku gemuk.
Tidak apa- apa gemuk, yang penting sehat.


     2. Olah raga rutin

Olah raga pun bukan seberapa berat beban olah raga yang dilakukan, tetapi seberapa sering rutinitas ini dilakukan. Jadi jangan sekalinya olahraga sampai badan sakit dan lemas, kemudian hanya dilakukan saat itu saja. Yang aku alami adalah karena dijadwalkan rutin, dan bagaimana kita mengikuti setiap gerakannya.

    3. Biasakan menjadi pendonor darah

Kebiasaan ini belum sering aku lakukan, tetapi lumayanlah sudah donor ke 20, artinya sudah 5 tahunan kegiatan ini aku lakukan.
Awalnya akupun takut melakukan ini, tapi setelah dicoba, tidak terjadi apa-apa. Sehingga donor ini menjadi kegiatan rutin buatku. 
Manfaat donor darah (backlink: http://bit.ly/2xDrdAi)

Banyak manfaat yang dirasakan jika rajin berdonor, belum lagi pelayanan PMI yang ramah, membuat aku semakin ketagihan untuk datang dan datang lagi.

Sebetulnya cara untuk menjadi sehat banyak, tetapi itulah yang selama ini aku lakukan. Dan kenapa aku mau berbagi cerita karena alhamdulillah sampai hari ini aku selalu sehat. Dan aku harus selalu sehat. Jangan lupa ditambah selalu berpikir positif, karena pikiran negatif bisa mendatangkan penyakit. Jadi jangan lupa bahagia


Semangat, mulailah dari diri sendiri.
Yuk sehat


#AksiSehatCeria
#LombaBlogDokterSehat.

2 comments:

  1. sekedar berbagi, meskipun dalam ajang lomba. Terimakasih sudah berkunjung, dukung saya ya

    ReplyDelete