user online

Thursday, December 14, 2017

Tahukah Bunda jika mengetahui gaya belajar anak bisa membantu mereka belajar????


Hasil gambar untuk gayabelajar


Gaya belajar merupakan cara seseorang dalam melakukan kegiatan belajar. Atau dengan kata lain gaya belajar adalah cara yang dilakukan seseorang dalam memperoleh informasi.

Gaya belajar setiap orang tentu saja berbeda. Bagi para pendidik atau Orang tua sebaiknya mengetahui termasuk type yang mana anak kita dalam menggunakan gaya belajarnya. Karena jika kita mengetahui spesifikasi gaya belajar anak,itu akan mempermudah kita dalam mengajari atau mendamping belajar. Memahami cara belajar merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan proses belajar.

Manfaat yang diperoleh jika mengetahui gaya belajar anak adalah kita bisa menentukan cara mendampingi dalam belajar dan memahami teknik-teknik yang harus digunakan dalam membantu anak belajar.

Untuk mengetahui type gaya belajar dan type kecerdasan seseorang, ini harus melalui tes yang biasanya dilaksanakan oleh lembaga tes kecerdasan, jadi kita tidak bisa menyebut bahwa anak kita type gaya belajarnya adalah V, A atau K, tetapi harus dilakukan tes terlebih dahulu. 

Berdasarkan pengalaman, saya melakukan tes kecerdasan terhadap anak oleh  suatu lembaga. Dari hasil tes tadi diperoleh informasi bahwa ada beberapa type gaya belajar, yaitu
1.     Visual style,
2.     Auditory style dan
3.     Kinesthetic style

Visual Style
                              
Visual Style merupakan gaya belajar yang mengandalkan penglihatan, biasanya apa yang dilihat akan mudah diingat dan dipahami. Anak dengan type ini biasanya akan lebih memperhatikan gerak tubuh dan expresi wajah dari pengajarnya serta apa yang diperagakan. Sehingga diperlukan alat-alat peraga yang dapat membantu.

Teknik pembelajaran untuk type ini adalah sebagai berikut :

1. Usahakan selalu kontak mata
2. Gunakan alat bantu seperti gambar, denah peta, diagram, grafik, bagan
3. Gunakan tulisan dengan warna- warni
4. Lengkapi buku dengan ilustrasi gambar
5. Gunakan multimedia
6. Tuliskan point- point materi



Auditory Style


Anak dengan type ini biasanya lebih mudah mempelajari sesuatu dengan alat pendengaran. Dia bisa belajar dengan mendengarkan rekaman suara, mendengarkan musik, kerja kelompok atau membaca dengan suara yang keras.  Untuk menghadapi anak dengan type ini sebaiknya penggunaan bahasa dan intonasi harus jelas, sehingga anak  lebih mudah mendengarkan dan mengingatnya.

Teknik pembelajaran untuk type ini adalah :
1.     Membacakan materi
2.     Mendiktekan
3.     Mendengarkan materi yang sudah direkam.
4.     Diskusi verbal


Kinesthetic style

Gaya belajar ini memerlukan sentuhan sebagai penguatan. Anak dengan type ini agak sulit diam berjam-jam. Maunya mengekplore dan terus bergerak.
Gerakan dan penyentuhan objek sangat disukai karena itulah saat dia belajar. Dia akan lebih memahami dan mengerti jika menyentuh dan menggerakannya, karena penyentuhan ini adalah sarana dalam memasukan informasi ke dalam otak.

Teknik pembelajaran untuk type ini adalah :
1.     Jangan dipaksa untuk belajar berjam- jam
2.     Biarkan anak belajar dengan mengeksplore lingkungan
3. Biarkan belajar dengan misalnya mengunyah permen karet, mendengarkan musik


Demikian gaya-gaya belajar yang biasanya dimiliki oleh seseorang termasuk putra putri kita.  

Setelah bunda mengetahui gaya belajar anak, tentu bunda akan lebih mudah mengarahkan dan mendampingi putra putri nya.

Mari dampingi mereka dalam setiap kegiatannya, karena anak kita  adalah investasi masa depan.















1 comment:

  1. silahkan mengisi kolom komentar yang sesuai dengan topik, terimakasih

    ReplyDelete