user online

Sunday, February 25, 2018

Cara Cepat Menjadi Kaya Raya

February 25, 2018 27 Comments
Urusan uang memang urusan yang pelik dan sensitif, terlebih lagi jika kita adalah type yang boros, tidak pernah mempunyai catatan keuangan. Bisa-bisa setiap bulan kebobolan.

Masalah keuangan bukan masalah besar kecilnya pendapatan, tapi bagaimana pengelolaan terhadap pendapatan. Kenyataannya jika pendapatan besar yang berubah adalah gaya hidup. jadi perubahan pendapatan akan berpengaruh signifikan terhadap  gaya hidup seseorang.

Kondisi keuangan yang sehat merupakan salah satu cara agar menjadi kaya raya.

Berikut tips membuat keuangan sehat :

1. Menyediakan dana kas seperlunya

Meskipun sekarang serba E-money, tetapi jangan ga ada uang kas juga kali. Tidak semua keperluan bisa menggunakan e-money, untuk keperluan uang yang tiba-tiba seperti belanja di pasar, warung dekat rumah atau mungkin ada yang tiba-tiba minta sumbangan. Semua itu tidak bisa menggunakan e-money, yang ada kita malah ditertawakan dan dianggap sombong karena untuk hal sekecil itu harus ke ATM dulu.

Uang kas sangatlah perlu, tetapi sebaiknya tidak menyediakan dalam jumlah yang banyak, seperlunya saja. Apalagi jika hobi kita adalah jalan-jalan, atau mungkin harus membeli sesuatu ke mini market dekat rumah. 

Untuk urusan belanja biasanya jika kita merasa ada uang kas lebih, maunya membeli sesuatu yang tidak perlu. Rencananya beli barang A, melirik ketempat lain eh tambahannya membeli barang B. Itu biasanya yang seringkali dilakukan terutama kaum wanita. Belum lagi ada tawaran beli satu gratis satu, atau diskon sampai dengan 50%. Banyak hal mewajibkan kita harus menyediakan uang tunai, tetapi ingat harus dibatasi jumlah dan penggunaannya.

2. Melunasi utang-utang atau tagihan

Sepertinya agak jarang ya orang yang tidak mempunyai utang, meskipun kecil tetapi sebagian besar orang pasti memiliki. Di tahun baru ini coba kita rinci utang-utang tadi dari yang paling kecil sampai yang paling besar. Maksudnya adalah untuk melihat mana yang harus didahulukan. Pembayaran utang- utang ini bisa diurutkan berdasarkan deadline atau besar kecilnya utang kita.

Jika ada utang yang jumlahnya kecil tetapi tidak ada deadline, sebaiknya juga segera diselesaikan supaya beban tidak menumpuk. Atau mungkin yang ada deadline dulu. Setelah utang-utang tadi diurutkan langkah berikutnya adalah mulai dilunasi dan jangan pernah coba-coba berhutang lagi, apalagi jika ada tawaran KTA (kredit Tanpa Agunan) yang kadang sangat menggiurkan, sebaiknya pikirkan alokasi penggunaannya dan bagaimana cara membayarnya. Jangan asal ambil saja. Jadi marilah mulai mencicil utang-utang yang dimiliki.




 

3. Batasi penggunaan kartu kredit atau tutup kartu kredit


Bagi orang yang konsumtif biasanya kartu kredit adalah solusi, belum lagi yang hobi nge-mall. Padahal tak jarang kartu kredit membengkak karena pembelian barang yang tidak perlu, tidak berguna dan tidak seharusnya dibeli.

Bijaklah menggunakan kartu ini, karena banyak yang terjerat. Jika memungkinkan hindari penggunaannya. Kalaupun terlanjur punya tagihan didalamnya bayarlah  lebih dari minimum payment, supaya berangsur-angsur berkurang. Bukan malah semakin sering memanfaatkanya. Atau jika ditahun baru ini ada rejeki lebih lunasi dan berhenti.


Kartu kredit memang ada kalanya membantu, misalnya saja jika kita perlu dana tunai, niatnya mau pinjam saudara atau teman. Tetapi yang terjadi biasanya diberi pinjaman tidak tapi diomongkan iya. Tetapi memang sebaiknya lebih bijak jika kita membatasi penggunaannya.


4. Memikirkan keperluan masa yang akan datang, dengan ikut program asuransi atau tabungan rencana.

Banyak diantara kita yang belum mengerti pentingnya asuransi dan tabungan rencana, padahal jika kita sudah mengerti dan mengetahui serta merasakan manfaatnya, produk ini pasti dicari.

Menurut Wikipedia Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana  perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

Alangkah baiknya jika di tahun baru ini kita mulai mengalokasikan biaya untuk asuransi, tetapi harus dipikirkan asuransi apa yang tepat. Misalnya saja jika kita mempunyai anak usia sekolah, tidak ada salahnya mulai dipikirkan pembiayaan untuk sekolahnya dari mulai tingkat dasar sampai ke tingkat yang lebih tinggi.

Jika untuk dana pendidikan sudah coba alokasikan dana untuk asuransi kesehatan atau mungkin dana pensiun untuk persiapan di hari tua.


Selain asuransi pilihan lain adalah tabungan rencana, tabungan rencana ini adalah program dari sebuah bank. Tujuannya adalah untuk menginvestasikan uang kita dalam jangka waktu tertentu.

Untuk mengikuti program ini sebaiknya kita rencanakan jenis keperluannya, berapa lama waktunya, dan berapa jumlah uang yang diinginkan, sehingga kita bisa rencanakan dengan matang. Untuk jenis tabungan ini sebetulnya bisa di ambil jika waktunya belum sampai dan kita dihadapkan pada kondisi tidak ada pilihan selain mengambil tabungan tersebut, hanya saja biasanya ada semacam denda atau penalty. Jadi sebaiknya gunakan waktu yang sudah kita rencanakan dengan tepat supaya tujuan awal kita tercapai.


Itulah cara agar keuangan kita sehat  melalui pembenahan keuangan. ini merupakan cara cepat untuk menjadi  kaya raya.



Tuesday, February 20, 2018

Bunda Kenali Karakter Anak Kita yuk

February 20, 2018 18 Comments

Pola asuh dan pola didik terhadap anak sangatlah penting. Pemahaman karakter anak merupakan awal bagaimana kita sebagai orang tua akan menerapkan pola asuh nya. Apapun metode atau pola asuh yang akan digunakan, sepanjang itu cocok untuk karakter anak bisa diterapkan.

Banyak orang tua yang belum bisa memformulasikan parenting yang tepat karena orang tua belum memahami karakter anak, apa needsnya, apa cita-citanya atau mungkin apa impiannya. Sehingga orang tua tahu apa tahapan-tahapan yang harus dipersiapkan untuk mencapai impian anak-anaknya.

Para orangtua mungkin belum pernah menanyakan pada anak-anaknya, apa mereka merasa bahagia?
Tahukah mereka definisi bahagia?

Biarkan anak mendefinisikan arti bahagia menurutnya, karena bahagia itu relatif. Pada saat anak mendefinisikan kebahagiannya disitulah needs mereka diketahui, karena pada saat mereka bahagia dengan hidupnya, mereka akan mudah mencapai kompetensi dan meraih prestasi yang optimal dalam hidupnya.

Apa sebetulnya tujuan hidup seseorang termasuk anak-anak kita, pasti kita ingin sukses dalam karir, bermanfaat buat orang banyak dan banyak lagi tujuan hidup kita. Tetapi apa muara dari semua itu. Semua intinya bermuara pada kata bahagia. Bahagia lahir bathin dunia dan akhirat.

Orang tua mempunyai tugas dan peran yang cukup berat, sehingga orang tua harus bisa berperan sebagai fasilitator untuk anak-anaknya. Ada anak-anak yang memang mempunyai orang tua yang hebat sehingga mereka berhasil menjadi anak yang bahagia, tetapi ada juga yang memang anaknya sudah hebat dan extra ordinary person.

Untuk memilih pola asuh dan pola didik terhadap anak tidaklah sulit. langkah yang harus dilakukan  adalah : 
  1.        kenali karakter dan pribadi anak sedalam mungkin.
  2.        Mencari pendekatan atau approach apa yang cocok untuk karakter tersebut.

Dalam mengenali karakter anak, kita tentu sebagai orang tua sudah paham termasuk orang yang seperti apakah anak-anak kita. Termasuk Anak yang logis dan rasional kah, atau sensitif kah. Karena pendekatan untuk dua karakter tadi pasti berbeda.

                
Orang tua harus hati-hati dalam menerapkan pola asuh anak, apapun karakternya. Anak harus dibiasakan paham bahwa tidak semua keinginan dia harus dipenuhi. Karena jika seperti ini akan mendidik akan menjadi egosentris dan egois.

Sebagai orang tua tentunya kita harus paham betul terhadap karakter dari masing-masing anak, jika kita mempunyai 2 atau 3 anak pasti karakternya berbeda begitu juga dengan cara
pendekatannya.

Karakter anak itu ada yang logis atau rasional dan ada juga yang sensitif. Anak yang logis tentu saja akan menggunakan logikanya untuk berpikir sementara anak yang sensitif akan menggunakan hatinya.

Terlepas masuk ke dalam karakter yang mana anak kita, orang tua harus berhati-hati karena tidak semua keinginan anak harus dipenuhi. Anak harus dibiasakan paham bahwa tidak semua permintaannya dipenuhi. Tujuannya adalah tidak lain supaya anak tidak terdidik menjadi anak yang egois.

Dan yang perlu diingat adalah pola asuh atau pola didik antara ayah dan bunda serta orang-orang yang mungkin terlibat seperti Eyang nya harus sama.
Jangan biarkan pada saat anak melakukan salah kemudian dibela oleh Eyang atau ayahnya, usahakan semua sepaham. 

Jadi bunda dan suami serta Eyang harus kompak ya. Supaya anak tidak bingung dan tidak merasa ada yang membela.

Hanya sharing tentang apa yang pernah saya ikuti, semoga bermanfaat.


Sumber gambar : Google

Wednesday, February 14, 2018

Children Cancer Awareness

February 14, 2018 31 Comments


Tanggal 15 Pebruari adalah hari kanker anak, dimana kanker merupakan penyakit pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Masyarakat umumnya mengenal kanker ini dengan istilah tumor. Padahal tumor itu benjolan yang tidak normal atau abnormal, sehingga tidak semua tumor itu adalah kanker.
Kanker lebih sering dialami oleh yang berusia 40 tahunan, tetapi sekarang ini kanker bisa menimpa siapa saja tidak melihat usia. 

Anak-anak pun tak luput dari incaran penyakit kanker yang  bisa merusak jaringan tubuh di sekitarnya tanpa merasakan keluhan. Kalaupun ada keluhan biasanya dirasakan setelah kanker ini ada pada tingkat stadium yang tinggi.

Perlunya orang tua dan orang terdekat di sekeliling kita sadar dan peduli akan kanker ini. Karena gejala-gejala yang timbul biasanya seperti halnya penyakit biasa. Oleh karena itu perlu diperhatikan jika merasakan gejala seperti (menurut yayasan kanker Indonesia):

  1. Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.
  2. Alat pencernaan terganggu dan susah menelan.
  3. Suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh
  4. Payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor).
  5. Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya, menjadi semakin besar dan gatal.
  6. Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh
  7. Adanya koreng atau borok yang tak mau sembuh-sembuh.

bisa saja pasien pada diagnosa awal hanya dinyatakan seperti menderita tipes karena kurang istirahat tetapi karena ada hal lain yang dirasakan seperti sesak-sesak, barulah dilakukan pemeriksaan lengkap sehingga terdeteksi menderita kanker.

Kanker merupakan penyakit yang menakutkan apapun jenis kanker nya, padahal jika saja deteksi dilakukan di awal, mungkin penyakit ini bisa bisa dicegah. Umumnya masyarakat kita takut untuk memeriksakan kondisinya, banyak yang belum memahami bagaimana penyakit ini. Jika deteksi dilakukan  di awal kemungkinan bisa  diobati.Jangan menunggu jika sudah merasakan gejala yang tak biasa dan ternyata sudah ada pada stadium tinggi. Sehingga itulah perlunya memeriksa kesehatan secara berkala dan rutin.

Menurut yayasan kanker Indonesia setiap orang bisa melakukan upaya untuk mencegahnya dengan cara hidup sehat dan menghindari penyebabnya, diantaranya :

  1. Mengenai makanan:
    • Mengurangi makanan berlemak yang berlebihan
    • Lebih banyak makan makanan berserat.
    • Lebih banyak makan sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan, beberapa kali sehari
    • Lebih banyak makan makanan segar
    • Mengurangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama
    • Membatasi minuman alkohol
  2. Hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual
  3. Hindari kebiasaan merokok. Bagi perokok: berhenti merokok.
  4. Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress
  5. Periksa kan kesehatan secara berkala dan teratur.
Kanker tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak pun tak lepas dari penyakit ini,sehingga  sangat penting bagi orang tua untuk tahu apa yang harus diperhatikan, dengan sering memeriksakan keadaan seluruh tubuh anak. Dan orang tua harus hati-hati jika anak sering panas atau ada gejala lain yang tak biasa.

Betapa penting mendeteksi penyakit ini  sedari dini karena gejala nya kadang tidak mudah dikenali. Penyakit satu ini tidak menular tetapi sangat mematikan dan sulit dicegah. Sehingga sebagai orang tua dituntut memiliki peran yang aktif dan kesadaran yang tinggi mengenai bahayanya penyakit ini.
Periksa kan secara berkala kondisi anak kita. Jadilah orang tua yang sadar dan peduli terhadap kanker. Anak adalah investasi masa depan, biarkan mereka tumbuh sehat dan berkembang.  Mari mulailah 

" Children Cancer Awareness"


Sumber gambar : google


Wednesday, February 7, 2018

Tahukah kamu Masalah ini bisa dicetak menjadi uang

February 07, 2018 16 Comments


Sampah sudah menjadi masalah dunia, setiap hari berapa banyak sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga. Begitu juga sampah yang dihasilkan oleh Kota Bandung, timbunan sampah masyarakat Kota Bandung menurut Final Report JICA, di proyeksikan 1549 ton/hari dengan jumlah penduduk pada tahun 2014 sebanyak 2.748.732 dan sampah yang terangkut ke tempat pemrosesan akhir sampah (TPA) sebesar kurang lebih 1.100 ton/hari, dengan komposisi sampah sampah organik sebesar 57% dan anorganik sebesar 43%.

Sementara ini tingkat kesadaran masyarakat masih sangat kurang, hal ini bisa dilihat dari kebiasaan-kebiasaan yang sampai saat ini masih belum tertib. Selama ini pemerintah sudah mengupayakan berbagai cara, baik itu menyediakan tempat sampah di tempat-tempat strategis,  menyiapkan pasukan pembersih di kawasan umum, dan banyak cara lainnya. 

Upaya tersebut ternyata tidak cukup berdampak, karena pada dasarnya kembali kepada kesadaran masing-masing individu dari masyarakat sendiri. 


Berikut fakta mengenai sampah yang dikutip dari pdkebersihan.bandung.go.id :

1. sampah plastik sangat sulit terurai, sebagian sumber mengatakan minimal butuh 400 tahun untuk sampai terurai.
2.  Lebih dari 1 juta kantong plastik yang digunakan setiap menitnya mayoritas berakhir menjadi sampah, bahkan 50% sampah plastik hanya digunakan sekali dan langsung jadi sampah.
3. Jika disusun, jumlah sampah kantong plastik saat ini bisa mengelilingi bumi hingga 4 kali
4. Setiap tahun produksi plastik menghabiskan sekitar 8% hasil produksi minyak dunia atau sekitar 12 juta barel minyak dan 14 juta pohon.
5. Jika satu gerai menghasilkan 300 kantong plastik sehari dan ada 100 gerai yang melakukan hal yang sama maka 1 tahun dihasilkan 10.95 juta lembar sampah kantong plastik yang jika dihamparkan maka akan menutupi 65.7 ha atau 60 luas lapangan sepakbola.


Nah bagaimana sampah plastik ini jangan hanya menjadi masalah. Bagaimana sampah plastik ini bisa mencetak uang.

Berikut ada beberapa cara supaya sampah plastik menjadi uang :
1.      Sampah plastik yang sudah ada spesifikasinya di kumpulkan dan disetorkan ke bank sampah. Spesifikasi ini contohnya : plastik gelas plastik air mineral yang sudah dibuang bibir gelasnya, gelas berwarna, botol bening dan berwarna, dll.
2.      Pengolahan limbah botol atau gelas plastik menjadi produk kreatif.

Berikut saya akan memberikan gambaran bagaimana cara mengolah limbah plastik menjadi produk kreatif.

1.      Untuk melakukan ini diperlukan 2 mesin sederhana, yang pertama mesin perecah plastik dan mesin hotpres serta molding atau cetakan produk sesuai yang kita mau.
Mesin perecah ini berfungsi memotong- motong plastik menjadi butiran-butiran kecil, sementara mesin hotpres berfungsi untuk memanaskan plastik yang sudah terpotong kemudian mencetaknya kedalam molding/ cetakannya.
Contoh : plastik yang sudah masuk ke mesin hotpress akan dibentuk menjadi asbak. Maka cetakannya harus berbentuk asbak.

Plastik yang sudah dipanaskan tadi bisa dbuat produk-produk sesuai yang diinginkan misalnya, asbak, pot bunga, tempat tisu dan banyak lagi.

Hanya saja di dalam pembuatan diperlukan alat bantu berupa mesin tadi.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menciptakan berbagai produk kreatif dari limbah plastik tanpa bantuan mesin

Untuk mengolah ini, tidak diperlukan mesin tetapi hanya diperlukan keterampilan saja, contoh tutup botol plastik bisa dibuat menjadi keranjang sampah atau pot bunga hanya dengan bantuan perekat saja.
Banyak produk yang bisa dihasilkan dari limbah plastik ini dan bisa mempunyai nilai jual serta mendatangkan penghasilan, Hanya saja diperlukan keterampilan dan inovasi, supaya hasil produk lebih banyak dan bervariatif.

Berikut contoh produknya :
 Sudah Tahu kan bagaimana sampah plastik bisa mencetak uang. Mari ciptakan lingkungan sehat dan bersih serta bebas dari sampah, dengan mengolahnya menjadi uang.



Sumber gambar : Google

Tuesday, January 16, 2018

Tips mudah mengatur jadwal pekerjaan

January 16, 2018 22 Comments

Waktu seringkali tidak terasa, sementara banyak pekerjaan yang belum selesai, padahal semua pekerjaan kita dikejar dedline, semua harus selesai segera dan tak jarang banyak pekerjaan yang menuntut selesai dalam waktu yang bersamaan.

Apalagi pekerjaan kantor, yang ini harus sekarang, yang itu harus saat ini, yang itu deadline sekarang dan banyak lagi yang menuntut kita berpikir keras bagaimana semua harus cepat selesai.

Efisien waktu sepertinya sudah dilakukan, istirahatpun kadang tidak lagi digunakan untuk istirahat. Tidak ada cerita buang-buang waktu hanya untuk ngumpul dan membicarakan sesuatu. Belum lagi jika anda bukan tipe orang yang suka menunda-nunda pekerjaan. Selama bisa diselesaikan sekarang atau hari ini kenapa tidak??

Namun sayangnya mengatur dan mengelola pekerjaan yang sudah terjadwal bukan sesuatu yang mudah. Untuk menghemat waktu dan segera menyelesaikan pekerjaan sering terhambat karena suka saling berkunjung ke meja teman atau ke ruangan teman.

Untuk menghindari hal itu, alangkah lebih baiknya anda segera menghilangkan kebiasaan tersebut, karena itu akan menghambat semua pekerjaan anda. Cobalah mengefisiensikan waktu yang ada, jangan sengaja menimbun pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dengan segera.

Meskipun mengatur jadwal dalam pekerjaan tidak semudah yang kita pikirkan namun tidak ada salahnya jika dicoba, sehingga PR-PR anda tidak menumpuk.

Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mulai mengatur jadwal dalam menyelasaikan pekerjaan, berikut triknya :


     1. Buat jadwal sesuai skala prioritas




Membuat Jadwal kegiatan pekerjaan ini dimaksudkan untuk mengatur mana yang harus didahulukan, urutkan dari yang harus selesai sekarang sampai yang harus selesai akhir minggu. Tapi tidak ada salahnya jika urutan pertama sudah 
selesai dan anda masih memiliki waktu banyak, coba mencicil pekerjaan yang harus selesai besok. Yang penting jangan pernah mencoba menunda pekerjaan karena dampaknya akan mempengaruhi pekerjaan yang lain.


    2. Cantumkan deadline untuk setiap rencana


 
Dari jadwal yang sudah dibuat, utamakan yang ada diurutan pertamalah yang harus anda selesaikan. Atau tanggal yang terdekatlah yang harus anda selesaikan. Karena jika anda melangkahi dedline yang dekat maka jadwal yang lain akan terganggu.


3. Kurangi waktu mengunjungi ruangan atau meja teman anda



Kebiasan ini masih sering dilakukan, jangan biasakan anda keluyuran ke ruangan tetangga hanya untuk cengengesan dan membicarakan yang tidak perlu. Karena kebiasan ini jika sudah mulai dilakukan akan terus menjadi kebiasaan dan yang pasti akan mengganggu orang sekitar di tempat anda bekerja. Manfaatkan dalam waktu istirahat sajalah anda cengengesan dan haha hihi yang tidak penting.


     4. Hindari gangguan Gadget

Selama melakukan pekerjaan hindari gangguan-gangguan yang datangnya dari gadjet, kecuali memang ada instruksi- instruksi bos anda yang disampaikan lewat gadjet. Atau grup dalam gadjet yang membahas tentang pekerjaan anda.

 5.  Fokus

Apapun jika dilakukan dengan tidak fokus dijamin tidak akan selesai dengan baik, kalaupun pekerjaan tersebut bisa diselesaikan tepat waktu, bisa saja hasilnya kurang memuaskan atau tidak seperti yang diinginkan. Apalagi untuk pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan kecepatan waktu dan ketapatan berpikir. Jangan biarkan pikiran anda melayang diluar sana sementara pekerjaan ini ada didepan mata. Konsentrasilah pada apa yang harus anda selesaikan dan kerjakan. Tetap fokus supaya hasil pekerjaan anda maksimal.

Apapun pekerjaan anda jika dilakukan dengan baik, konsisten dan serius pasti hasilnya akan memuaskan. Waktu yang anda gunakan akan lebih efisien, tugas anda akan selesai dan yang pasti anda tidak perlu lembur sampai malam. 
Patuhi jadwal yang sudah anda buat, dan taati. Jangan lupa syukuri waktu yang sudah kita dapat. 

Thursday, January 11, 2018

Pentingnya Kepuasan Pelanggan

January 11, 2018 12 Comments


Pentingnya Kepuasan Pelanggan 

Tujuan setiap jenis usaha adalah mencari laba, untuk memperlolehnya tentu saja harus diimbangi dengan pelayanan yang memuaskan. Pelanggan adalah pembeli yang membeli suatu produk atau jasa berulang-ulang. Karena diharapkan membeli  berulang – ulang  tentu saja pelaku usaha harus memperhatikan kualitas pelayanan.

kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berpengaruh dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan (Tjiptono, 2001). Sehingga definisi kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan konsumen (Tjiptono, 2007).

Semua usaha yang berhubungan dengan pelanggan harus berkomitmen selalu Meningkatkan pelayanan untuk kenyamanan dan kemudahan para pelanggan.
Kepuasan yang dirasakan pelanggan biasanya akan membuat hubungan antara perusahaan dan pelanggannya menjadi harmonis sehingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang. Selain itu kepuasan pelanggan memungkinkan terbentuknya rekomendasi dari mulut ke mulut (mouth to mouth) sehingga reputasi perusahaan akan baik dimata pelanggan.

Upaya untuk mewujudkan kepuasan pelanggan bukan hal yang mudah, Coftam (1993) menyatakan bahwa kepuasan konsumen tidak mungkin tercapai sekalipun hanya untuk sementara waktu, perlu upaya perbaikan dan penyempurnaan. Disamping memerlukan biaya yang tinggi untuk menarik pelanggan. Karena bukan hal yang mudah untuk merubah dan mengalihkan pelanggan dari produsen lain agar beralih kepada kita. strategi kepuasan pelanggan akan menyebabkan pesaing harus kerja keras dalam menarik pelanggan. Bukan saja sumberdaya manusia nya yang harus kompeten tetapi, Kepuasan pelanggan akan tercapai jika dipenuhi nya hal-hal berikut :

1.  Kualitas produknya bagus
Kualitas produk yang dimaksud adalah keadaan barang atau produk dan jasa sesuai dengan yang konsumen harapkan. Artinya Apa di harapkan tentang suatu produk ada pada produk yang kita miliki, berikan kualitas produk yang sebaik-baiknya karena pelanggan akan kecewa jika produk yang mereka beli tidak sesuai. Bahkan konsumen mungkin akan memberitahukan kepada teman tentang produk tersebut sehingga akan berpengaruh terhadap pembelian berikutnya.

2. Harganya terjangkau
Pelanggan akan membandingkan harga kita dengan harga yang lain, sehingga pelanggan bebas menentukan pilihan mereka. Berikan harga yang sesuai dengan harga pasar.

3. Pelayanan menyenangkan
    Hindari kebingungan pelanggan mengenai pelayanan, baik pelayanan langsung  ataupun tidak langsung, gunakan sistem yang tepat dan mudah dimengerti oleh  pelanggan, berikan pelayanan prima,ramah dan tepat waktu.
     
     4. Jaminan keamanan.
Pelanggan biasanya ingin kejelasan mengenai produk yang dibeli, apalagi produk tersebut berkaitan dengan kesehatan. Berikan jaminan keamanan mengenai produk anda, misalnya dengan mencatumkam Halal atau BPPOM. Ini akan memberikan ketenangan bagi pelanggan yang membeli, sehingga diharapkan adanya repeat order.

keempat elemen tersebut dalam pemasaran produk disebut dengan bauran pamasaran. Elemen-elemen tersebut saling berkaitan sehingga bisa bersinergi menciptakan kepuasan pelanggan. Meskipun masih ada elemen-elemen lain terkait dengan produk.
Untuk mencapai kepuasan pelanggan memang perlu dilakukan inovasi-inovasi dengan menggunakan strategi yang tepat.

Dalam menentukan strategi pemasaran perlu diperhatikan banyak hal, apalagi berkaitan dengan pelanggan. Kepuasan pelanggan itu merupakan rasa, respon atau tanggapan pelanggan terhadap produk kita sehingga dengan terciptanya kepuasan pelanggan maka akan berdampak pada omzet, dan loyalitas pelanggan.

Keberhasilan strategi pemasaran dapat dicapai jika kepuasan pelanggan telah dipenuhi.
Tingkat kepuasan pelanggan masing - masing memang berbeda meskipun mereka memerlukan produk yang sama. Jangan sampai pelanggan merasa tidak puas, bukan hanya pelanggan tidak akan melakukan repeat order tetapi yang lebih bahaya adalah jika pelanggan bercerita tentang pengalamannya kepada masyarakat, sehingga pelanggan yang lain akan pergi dan calon pelanggan pun tidak ada.

Strategi yang dapat dilakukan  untuk meningkatkan kepuasan pelanggan diantaranya:

     1. Relationship Marketing
Dalam strategi ini hubungan transaksi antara penyedia jasa dan konsumen berkelanjutan tidak berakhir setelah penjualan selesai, dengan kata lain dijalin suatu kemitraan jangka panjang secara terus menerus sehingga diharapkan dapat terjadi bisnis ulangan.

     2. strategi superior customer service.
Perusahaan yang menerapkan strategi ini berusaha menawarkan pelayanan yang lebih unggul dari para pesaingnya, untuk mewujudkannya dibutuhkan dana yang besar, kemampuan sumber daya manusia dan usaha yang gigih.

Kepuasan pelanggan bisa diketahui atau diukur, selaku produsen  cara untuk mengetahui tingkat kepuasan ini adalah dengan cara sebagai berikut :
1
     1. Mengidentifikasi masalah dengan cara mengumpulkan informasi dari konsumen. Cara yang biasa dilakukan adalah melalui kotak saran. Informasi yang terkumpul ini tentu saja merupakan masukan masukan bagi perusahaan. Sehingga perusahaan bisa meningkatkan kekurangan agar kepuasan pelanggan tercapai.

      2. Melakukan survei terhadap kepuasan pelanggan melalui kuesioner atau angket telepon atau cara  ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada pelanggan.

   Perusahaan sebaiknya menghubungi para pelanggan yang telah berhenti membeli atau yang telah pindah pemasok agar dapat memahami mengapa hal itu terjadi dan supaya dapat mengambil kebijakan perbaikan atau penyempurnaan selanjutnya. Bukan hanya saja yang perlu, tetapi pemantauan juga penting, di mana peningkatan menunjukkan kegagalan perusahaan dalam memuaskan pelanggan nya.

Aset penting dalam sebuah bisnis adalah pelanggan, baik dalam usaha produk atau jasa pelanggan adalah teman anda. Sehingga nilai lebih  yang kita berikan merupakan kepercayaan untuk mereka.


Perkuat kepercayaan pelanggan dengan memberikan pelayanan dan  produk yang baik karena ini merupakan cara yang efektif untuk menumbuhkan pembelian ulang bagi para pelanggan. Jangan buat kecewa pelanggan. Untuk  mencapai tujuan bisnis anda, ciptakanlah kepuasan pelanggan agar hubungan menjadi harmonis dan tujuan bisnis anda tercapai.