user online

Sunday, March 31, 2019

MODEL BISNIS

March 31, 2019 47 Comments
Model Bisnis merupakan gambaran hubungan antara keunggulan dan sumber daya yang dimiliki organisasi perusahaa ditambah dengan aktivitas dalam penciptaan nilai dalam bentuk produk atau jasa yang kemudian dideliver kepada konsumen.      























Business Model Canvas
                                                                                                                                                       
          

3 manfaat utama dari BMC.
FOKUS : Business Model Canvas ini adalah mampu menajamkan fokus dan membuat kejelasan mengenai model bisnis yang diajukan, ketimbang membuat rencana bisnis yang tebalnya berhalaman – halaman.
FLEKSIBEL : BMC sangat bermanfaat karena mudah untuk dimodifikasi dengan tetap memberi pandangan secara menyeluruh terhadap model bisnis

TRANSPARANSI : BMC gunakan untuk mengkomunikasikan visi dan model bisnis kepada tim, dan dengan BMC tim menjadi lebih mudah mengerti apa model bisnis di organisasi.

Blok di dalam BMC
1.Customer segments

  Customer segments atau segmen konsumen yang ditarget merupakan hal terpenting yang harus bisa dijawab dari Business Model Canvas. Kebanyakan model bisnis tidak memberikan hasil yang diharapkan karena customer segment tidak dapat didefinisikan dengan jelas.

Untuk dapat mengisi customer segment dengan jelas, hal berikut ini
perlu diperhatikan:

1. Customer Segment Dimensions (Dimensi Segmen Konsumen)
Perhatikan apakah bisnis Anda menargetkan konsumen single atau multi-sided market? Maksud multi-sided market, misalnya Facebook yang memiliki model bisnis untuk melayani dua pihak advertiser dan user

2. Customer Characteristics (Karakteristik Konsumen)
Setelah memetakan dimensi segmen, maka selanjutnya adalah mendefinisikan karakter segmen di masing – masing dimensi tadi. Sebagai contoh, apabila kita memiliki segmen user, maka user yang karakteristiknya seperti apa? Beberapa pertimbangan untuk karakteristik, misalnya:
Usia dan gender, Passionhabit, hobi, Tingkat penghasilan
Tingkat pendidikan, Target yang ingin dicapai

3. Customer Problems / Needs (Masalah / Kebutuhan Konsumen)

Apa masalah yang dirasakan konsumen yang telah Anda petakan? Apa painyang sedang ingin mereka sembuhkan? Apa target yang sedang ingin mereka kejar? Apa needs yang mereka perlukan untuk mencapai impian – impian mereka?
Satu hal yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi asumsi apa yang dibutuhkan konsumen dengan bertanya langsung kepada mereka. Buat pengamatan lapangan atau wawancara langsung agar Anda semakin dekat dengan konsumen Anda.
Output:

Pada bagian ini Anda akan menghasilkan daftar target
konsumen Anda berdasarkan segmen yang berbeda – beda, plus
penjelasan detil tentang karakteristik masing – masing
konsumen. Jika segmen Anda ada banyak, saya menyarankan
untuk membuat prioritas dalam melayani konsumen. Coba
tanyakan, “seandainya saya hanya bisa melayani 1 konsumen
saja, siapakah yang ingin saya layani?”

2. Value Propositions
Value proposition adalah nilai atau manfaat yang 
ditawarkan kepada pelanggan. Manfaat ini terwujud dalam
bentuk sekumpulan produk atau jasa. Di mata pelanggan,
value proposition ini adalah sebagai solusi atau
jawaban atas apa yang mereka butuhkan, atau pemecahan
dari masalah yang mereka hadapi.

3.Channels 
Channels dalam BMC adalah entitas yang digunakan oleh 
organisasi bisnis untuk membuat value proposition yang 
sudah dibuat itu ‘sampai’ ke konsumen.
bagaimana proses pengiriman barang atau jasa 
tersebut ke konsumen.

4. Customer Relationship
Bagian customer relationship diisi tentang bagaimana
kita berinteraksi kepada konsumen setelah terjadi
transaksi, untuk memastikan konsumen puas
dengan value yang kita tawarkan sepanjang hingga
akhir life cycle nya.
Perusahaan penerbangan, misalnya setelah kita
menggunakan jasa penerbangannya umumnya akan
ditawarkan berbagai email penawaran,
memberikan membership khusus, yang apabila sudah
mencakup beberapa poin akan mendapatkan benefit
tertentu.
Output: penjelasan tentang bagaimana caranya organisasi menjalin hubungan dengan konsumen yang sudah membeli value yang ditawarkan agar tercipta loyalitas atau transaksi kembali.

5. Revenue Stream

revenue streams adalah pendapatan yang diterima
oleh perusahaan atau organisasi yang berasal 
dari value proposition yang ditawarkan. Hal 
paling penting adalah harus terjadi koneksi 
yang clear antara revenue stream yang dihasilkan 
dari value proposition, dan customer
segment mana yang membayar untuk hal tersebut


Output: Daftar dari revenue streams, yang berasal dari value proposition (X)  yang ditawarkan, dengan customer segmen  (Y) sebagai pihak yang bersedia membayar.

6. Key Activity
Output:Daftar dari sumber daya utama yang 
dibutuhkan untuk menunjang key activities agar 
dapat menghasilkan value proposition yang 
diinginkan.

Layaknya sumber daya, sebuah bisnis harus
memiliki aktivitas bisnis. Tanpa adanya
aktivitas, bisnis akan mati.

Beberapa aktivitas kunci yang dimaksud,
memiliki kategori sebagai berikut :
a. Aktivitas produksi : Desain, pembuatan, pegiriman.
b. Aktivitas pemecahan masalah : konsultasi, perawatan dan pemecahan masalah 
c. Aktivitas platform atau jaringan : sistem operasi jaringan, sistem penjualan online.

7.Key Resources

Key resources adalah sumber daya strategis yang 
dibutuhkan untuk menunjang key activities agar bisa 
berjalan lancar untuk menghasilkan value 
propositionsesuai dengan yang diharapkan. Dengan 
terpetakannya key resource, diharapkan sebuah bisnis 
dapat menjadi lebih kompetitif dibandingkan 
pesainya.

8. Key Partnership
Sebuah organisasi bisnis tentunya tidak bisa 
berjalan hanya mengandalkan dirinya sendiri. 
Ketimbang mengembangkan dan menjalankan semuanya 
sendiri, ada baiknya untuk bekerjasama dengan 
mereka yang telah expert di bidangnya masing – 
masing.
Output: Daftar rekanan kunci di luar organisasi 
yang dapat mendongkrak performa key 
activities sehingga dapat menghasilkan value 
proposition dengan lebih kompetitif lagi.

9. Cost Structure
Cost structure adalah daftar biaya yang 
dikeluarkan oleh organisasi bisnis dalam 
rangka menciptakan value proposition kepada 
konsumen. Biasanya, cost structure ini 
ditarik dari key activities. Beberapa 
pertanyaan penting untuk diajukan saat 
memetakan biaya:
Apakah biaya yang dikeluarkan dalam rangka menciptakan value?
Mana jenis biaya yang lebih banyak, fixed cost atau variable cost?
Jika bisnis diskala menjadi lebih besar, apakah peningkatannya linear, eksponensial, atau tetap?
Output: Daftar elemen struktur biaya yang dikeluarkan untuk membiayai key activities dalam menciptakan value proposition.


Silahkan Tuangkan rencana bisnis anda dalam Model Bisnis Canvas secara terstruktur

Tuesday, December 25, 2018

Cara Menampilan Power Point di Blog

December 25, 2018 0 Comments

Sebetulnya ini hanya arsip saja, karena seringkali saya selalu lupa dan kesulitan jika akan menampilkan power point materi kuliah. Jadi artikel ini hanya pengingat saja, dan jika saya perlu saya tinggal buka ini saja. Tetapi walupun begitu, jika ternyata artikel ini bisa membantu para readers, ya Alhamdulillah.

Cara Memasang file Power Point di Blog Dengan Google Slide

Sebelum kita memasukan file ppt ke dalam postingan blog, tentunya kita harus menyiapkan file ppt yang akan kita pasang di blog terlebih dahulu, kemudian kita upload ke google drive dan ambil kode iframeya. Untuk lebih jelasnya ikuti tutorial berikut ini :

1. Yang pertama pastikan readers sudah masuk ke akun gmail , jika belom silahkan masuk dulu
2. Setelah login ke akun gmail, langkah selanjutnya yaitu kita masuk ke google drive yang beralamatkan https://www.google.com/drive/ , kemudian klik tombol " Kunjungi Google Drive "

Cara Memasukan File PowerPoint dan PDF ke Postingan Blog

3. Selanjutnya kita upload file powerpoint tadi ke googledrive, caranya klik tulisan " BARU " yang bewarna merah dan kemudian klik unggah file

4. Pilih file ppt ( powerpoint ) yang akan di unggah , contohnya disini saya akan mengupload file ppt teori produksi.




5. Tunggu Sampai uploadnya selesai 100% ( dapat dilihat di pojok kanan bawah )

6. Setelah proses menggungah sudah selesai, kemudian kita klik link bagikan


7. Nanti akan ada jendela pop up yang mucul untuk pengturan Acces, kita disuruh untuk setting siapa saja yang dapat mengakses file ppt tersebut, kita setting untuk Public on the web ( umum ) aja.

8. Klik kanan file PowerPoint tadi kemudian buka dengan google silde

9. Pada menu File klik sub menu publikasikan di web





10. Setelah itu kita ambil kode iframenya pada menu sematkan ( hampir mirip ketika mengambil script iframe youtube dan memasukanya ke blog ). silahkan tonton gambar berikut supaya lebih jelas.

10. Langkah yang terkahir kita salin dan pastekan kode iframe tadi pada kolom htmlbukan Compose



Sampai disini cara memasang file power point ke postingan blog sudah selesai.

Thursday, November 15, 2018

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

November 15, 2018 2 Comments


Sekarang ini musimnya sedang tidak jelas, jika siang hari panasnya pool buanget, sementara sore menuju malam pasti hujan besar. Hujan ini kadang disertai petir yang mengerikan.
Buat saya musim seperti ini tentu saja harus sangat hati-hati, karena aktivitas saya diluar dilakukan pada jam dimana pergi pasti kepanasan dan pulang pasti kehujanan. Karena apa.... karena perjalanan saya menggunakan sepeda motor, maklum lah saya seorang rider.

Menghadapi  kondisi seperti ini, saya tentu saja harus selalu fit dengan menjaga kondisi. Nahh, berikut tips menjaga kesehatan di musim seperti ini :

1. Mengkonsumsi vitamin, terutama vitamin C.

Vitamin C akan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang merupakan protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, menjaga keremajaan kulit, memperlambat proses penuaan hingga mencerahkan warna kulit.

Selain itu vitamin C  juga memiliki berbagai peran penting bagi tubuh, misalnya  memelihara kesehatan jaringan penghubung, dan membantu melindungi sel-sel tubuh.

Mengonsumsi Vitamin C dengan Benar
Gunakanlah suplemen vitamin C sesuai dengan keterangan pada kemasan atau anjuran dokter. Suplemen, vitamin C umumnya hanya dikonsumsi satu kali sehari, sebelum atau sesudah makan. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

2. Makan makanan yang bergizi
Makanan sehat adalah makan yang mengandung zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan harus memiliki beberapa syarat, yaitu higienis, bergizi dan berkecukupan, tetapi tidak harus makanan mahal dan enak.
Makanan yang sehat itu harus memiliki kandungan gizi yang seimbang antara Karbohidrat, protein, lemak dan vitamin ini berfungsi dalam menjaga badan tetap sehat, tumbuh dan berkembang dengan baik

3. Menggunakan pakaian yang hangat 

Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya. 
Fungsi pakaian Salah satu tujuan utama dari pakaian adalah untuk menjaga pemakainya merasa nyaman. Dimusim hujan fungsi pakaian adalah menghangatkan tubuh, apalagi dengan bahan khusus yang bisa melindungi tubuh dari dingin.
Jadi dimusim hujan sebaiknya gunakan pakaian yang berbahan tebal untuk menghangatkan tubuh, apalagi jika rutinitas anda seperti saya. Harus keluar rumah dalam kondisi apapun termasuk hujan deras.
Gunakan jaket, mantel, sweater atau baju hangat, agar tubuh tetap terlindungi.

4. Selalu membawa payung atau jas hujan (rain coat)
Bagi pengguna kendaraan umum atau pribadi seperti mobil, payung adalah salah satu barang yang wajib di bawa. Kemanapun anda pergi persiapkan payung didalam mobil. Payung akan membantu melindung anda dari hujan baik kecil atau hujan deras.

Sementara untuk anda pengguna motor, jangan lupa jas hujan. Barang yang satu ini juga barang wajib yang harus selalu ada di bagasi motor. Kita tidak pernah tahu jika tiba-tiba hujan. Jika jas hujan (rain coat)ini selalu ada, percayalah aman. Artinya jika hujan tiba-tiba pun anda tidak perlu khawatir.

5. Jangan lupa sepatu boots
Bagi pengendara motor, satu hal lagi yang tidak boleh lupa, ada baiknya selalu membawa sepatu boots. Karena sepatu ini akan membantu anda, jika hujan besar. selain bisa menggantikan sepatu kerja kita, sepatu ini juga akan melindungi kaki dari kotornya air hujan, sehingga tidak menyebabkan kaki kita pecah atau gatal.

Hai  readers, itulah tips sederhana. Semoga bermanfaat dan membantu.

Saturday, October 20, 2018

BANK SAMPAH

October 20, 2018 0 Comments
Sampah merupakan masalah pokok yang dihadapi oleh Pemerintahan Daerah Kota Bandung, dan seluruh masyarakat. Berbagai tingkat pemerintahan berupaya untuk mengatasi permasalahan iniBerdasarkan data Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung, produksi sampah Kota Bandung dalam seharinya mencapai 1.600 ton. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.100 ton terangkut ke TPA, sisanya dibuang sembarangan, ditimbun ke dalam tanah, dibuang ke sungai, atau dibakar. Berbagai langkah dilakukan Pemkot Bandung, walaupun banyak yang tidak berjalan baik. Contohnya program reduce, reuse, dan recycle (3R) hingga pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).
Sampah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Sementara didalam UU No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, disebutkan sampah adalah sisa kegiatan sehari hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat atau semi padat berupa zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai yang dianggap sudah tidak berguna lagi dan dibuang ke lingkungan.
Menurut Azwar, 1990 (dalam Hartanto, 2006), Sampah adalah sesuatu yang tidak dipergunakan lagi, yang tidak dapat dipakai lagi, yang tidak disenangi dan harus dibuang, maka sampah tentu saja harus dikelola dengan sebaik-baiknya, sedemikian rupa sehingga hal-hal yang negatif bagi kehidupan tidak sampai terjadi.
Sampah menjadi masalah yang komplek bagi masyarakat dan pemerintah. Sampah sudah menumpuk dimana-mana. Dampak negatif sampah padat yang bertumpuk  dan tidak dapat teruraikan dalam waktu yang lama maka akan mencemarkan tanah. Yang dikategorikan sampah disini adalah bahan yang tidak dipakai lagi (refuse) karena telah diambil bagian-bagian utamanya dengan pengolahan menjadi bagian yang tidak disukai dan secara ekonomi tidak ada harganya. 
Jenis sampah:
1.  Organic, adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan hayati yang dapat didegradasi oleh mikroba atau bersifat biodegradable. Sampah ini dengan mudah dapat diuraikan melalui proses alami. Sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik. Termasuk sampah organik, misalnya sampah dari dapur, sisa-sisa makanan, pembungkus (selain kertas, karet dan plastik), tepung, sayuran, kulit buah, daun dan ranting. Selain itu, pasar tradisional juga banyak menyumbangkan sampah organik seperti sampah sayuran, buah-buahan dan lain-lain.

  1. Sampah Anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati, baik berupa produk sintetik maupun hasil proses teknologi pengolahan bahan tambang. Sampah anorganik dibedakan menjadi: sampah logam dan produk-produk olahannya, sampah plastik, sampah kertas, sampah kaca dan keramik, sampah detergen. Sebagian besar anorganik tidak dapat diurai oleh alam/ mikroorganisme secara keseluruhan (unbiodegradable). Sementara, sebagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga misalnya botol plastik, botol gelas, tas plastik, dan kaleng, (Gelbert dkk, 1996).

Dari jumlah sampah yang diangkut ke TPA dapat diketahui kinerja pelayanan pengangkutan sampah yaitu dengan membandingkan jumlah sampah yang terangkut dengan timbulan sampah Kota Bandung. Timbulan sampah Kota Bandung dapat dihitung berdasarkan data timbulan sampah per kapita dari hasil penelitian. Berdasarkan penelitian Damanhuri (2006), timbulan sampah per kapita Kota Bandung yaitu sebesar 0,6 kg/orang/hari. Dengan jumlah penduduk Kota Bandung sebesar 2.783.367 jiwa maka timbulan sampah Kota Bandung pada tahun 2015 adalah 1670 ton/hari. Dapat diketahui bahwa tingkat pelayanan pengangkutan sampah ke TPA baru mencapai 51,85%. Namun data ini perlu divalidasi ulang, dikarenakan dengan adanya kerusakan di jembatan timbang di TPA, data tersebut sebagian diantaranya didasarkan pada asumsi dan perhitungan kasar. Sementara di data saat jembatan timbang tersebut berjalan dengan normal, tonase pengangkutan dengan kapasitas 200 rit bisa mencapai angka sekitar 1100 ton/hari.

Bank Sampah
Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan . Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.
Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang, yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam.Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual di pabrik yang sudah bekerja sama. Sedangkan plastik kemasan dibeli ibu-ibu PKK setempat untuk didaur ulang menjadi barang-barang kerajinan.
Bank sampah ini merupakan alternatif dalam rangka mengelola sampah, terutama sampah anorganik. Tujuan utama pendirian bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah di Indonesia. Tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.

Cara kerja bank sampah :
1.  Nasabah bank sampah adalah masyarakat yang ada disekitar. Layaknya sebuah bank, cara kerja bank sampah ini pun sama. Masyarakat tinggal datang untuk menyetor sampah yang sudah dipilah.  Sampah tersebut di timbang dan di catat di buku rekening oleh petugas bank sampah. Ini yang  di sebut dengan tabungan sampah.
2. Sampah yang diterima oleh bank sampah setelah ditimbang, dicatat, lalu disimpan dalam gudang. Supaya tidak memakan tempat biasanya sampah ini di press dulu terutama untuk sampah botol plastik. Sampah yang diterima tentu saja sudah ada kriterianya, jadi tidak semua sampah siterima di bank ini. Ada spesifikasi khusus dengan harga yang bervariasi dan tergantung harga jual saat itu.
3. Tidak ada batas minimal penyetoran uuntuk sampah, hanya saja pada penimbnagan biasanya dibulatkan kebawah bukan keatas, contoh misalnya botol yang ditimbang beratnya 1,35kg maka biasanya akan dibulatkan kebawah menjadi 1,00 karena botol biasanya masih menyisakan air didalamnya, meskipun hanya sedikit.
4.    Nasabah akan menerima buku yang sudah berisikan catan setoran yang dilakukan. Nominal yang ada di buku tabungan bisa dicairkan jika sudah menjadi nasabah selama minimal 3 bulan.
Kriteria sampah yang diterima
Karena tidak semua sampah diterima oleh bank sampah, maka ada kriteria-kriteria khusus untuk jenis sampah yang bisa disetorkan, misalnya :
1.      Jenis sampah plastik
a. Gelas plastik kemasan air mineral (warna bening) yang sudah dipotong bibir gelasnya.
b.   Ember, botol oli, jerigen, tutup botol air minum tang warna selain hitam dan abu-abu
c.  Ember, botol oli, jerigen, tutup botol air minum warna hitam dan abu-abu
d.  Gelas plastik kemasan minuman yang berwarna
e.  Botol plastik PET kemasan air mineral bening yang sudah bebas dari tutup botol dan label
f.  Botol plastik PET kemasan air mineral warna biru dan hijau yang bebas dari label dan tutupnya

2.      Jenis sampah kertas
a.   HVS, buku tulis tanpa cover, kertas putih yang dicacah panjang
b.   Kertas buram
c.  Kertas kemasan makanan, kertas warna, majalah, tabloid, buku cetak, kertas semen.
d.   Arisp, duplek, karton
e.   Egg tray
3.      Jenis sampah logam
a. Seng lembaran, kaleng susu, kaleng sarden, kaleng bekas pewangi ruangan
b. Paku besi berkarat
c.  Kaleng minuman, tutup botol , botol parfum

Semua jenis sampah tersebut diterima dengan harga yang berbeda - beda. Sehingga masyarakat diharapkan sudah memilah sampah yang akan disetorkannya. 

Jangan buang sampah sembarangan, mari cintai lingkungan kita dengan mulai memilah sampah yang ada di rumah.